Kompas.com - 19/11/2018, 09:48 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Psikoterapis William Anderson punya pengalaman panjang soal penurunan berat badan. Mengalami obesitas sejak anak-anak hingga pertengahan usia 30 tahunan, ia akhirnya bisa menurunkan berat badan hingga 140 pon atau sekitar 63,5kg dalam 18 bulan.

Penulis buku diet "The Anderson Method" itu pun mulai mempelajari tingkah laku di balik masalah berat badan yang dialami banyak orang, dan ternyata penurunan berat badan bisa dimulai dengan perubahan perilaku.

Nah, setidaknya ada empat cara yang bisa kita lakukan agar penurunan berat badan yang kita alami tidak bersifat sementara melainkan jangka panjang.

1. Hitung konsumsi kalori sebelum memulai diet

Ilustrasi menghitung kalorijuststock Ilustrasi menghitung kalori
Banyak orang baru menghitung asupan kalori ketika menjalani diet. Tak jarang pula yang akhirnya kembali ke pola makan normal mereka. Menurut Anderson, pola ini harus diubah

Jika ingin menurunkan berat badan dan menjaga berat tersebut, cobalah menghitung kalorimu sebelum diet.

Dengan begitu, kamu akan tahu jumlah konsumsi kalori di masa "normal" dan pola diet akan menyesuaikan. Hal ini akan meminimalisasi kemungkinan kembalinya kebiasaan makan  tersebut.

Jika kamu berpikir bahwa pola makan normal tersebut lah yang membuat berat badan berlebih, maka yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan pola makan yang baru.

"Tujuan utama di sini bukanlah menurunkan berat badan, tapi membangun kebiasaan hidup baru agar tidak menambah berat badan," kata Anderson.

2. Lupakan angka timbangan

Halaman:


Video Pilihan

Sumber NBCNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.