"World Toilet Day", Ini 5 Fakta Menarik Mengenai Toilet

Kompas.com - 19/11/2018, 15:14 WIB
Ilustrasi toilet umum shutterstockIlustrasi toilet umum

KOMPAS.com - Kondisi sanitasi di Indonesia secara umum belum bisa dianggap baik. Masalah sanitasi seperti belum adanya toilet yang layak dan membuat warga memilih untuk buang air besar di tempat terbuka seperti sungai, atau tanah kosong, masih sering ditemukan.

Sebenarnya, imbauan pemerintah untuk budaya hidup sehat dan pembuatan toilet atau MCK (mandi, cuci, kakus) dari dulu disosialisasikan. Namun, kesadaran masyarakat akan budaya hidup sehat masih kurang.

Tak hanya di Indonesia saja, masalah sanitasi juga terjadi di sejumlah negara. Menurut situs worldtoilet.org, Lebih dari 1 miliar orang masih membuang air besar di tempat terbuka. Akhirnya, sejak 2013 PBB menetapkan 19 November sebagai Hari Toilet Sedunia atau World Toilet Day.

Hari Toilet Sedunia memberi kesempatan kepada semua orang untuk terlibat dalam gerakan global untuk pengadaan toilet dan sanitasi.

Selain itu, Hari Toilet Sedunia juga hadir untuk meningkatkan kesadaran kesadaran akan perlunya tindakan untuk mengakhiri krisis sanitasi.

Berikut fakta menarik mengenai toilet yang belum ada ketahui:

1. Belum jelas siapa yang menemukan

IlustrasiThinkstock Ilustrasi

Tidak jelas siapa yang pertama kali menemukan toilet. Beberapa sumber sejarah mengatakan bahwa toilet sudah ada di pemukiman kuno di Skotlandia atau sebuah tempat di Yunani.

Namun, untuk model toilet disertai tempat pembilasan tercatat sudah ada sejak 1596. Sir John Harrington menemukan toilet dengan gaya itu atas permintaan Ratu Elizabeth I.

Toilet model Harrington tak jauh berbeda seperti toilet yang ada pada masa-masa sekarang. Setelah saat itu, bentuk dari toilet segera berkembang sampai saat ini dan bahkan sudah ada model yang lebih modern.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X