Kompas.com - 21/11/2018, 14:37 WIB
Ilustrasi pexelsIlustrasi

KOMPAS.com - Musik tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Dalam aktivitas sehari-hari, musik kerap menjadi pilihan hiburan saat kita merasa jenuh dan bosan.

Beragam cara manusia menikmati musik. Sebagian besar menikmati musik melalui perangkat seperti radio dan CD-player, hingga munculnya aplikasi pemutar musik seperti Spotify dan Apple Music. 

Meski begitu, pengembangan pemutar musik tak bisa dilepaskan dari Thomas Alva Edison.

Ini berkat jasa Thomas A Edison yang berhasil mengembangkan fonograf sebagai alat untuk merekam dan mendengarkan suara dari hasil rekaman, pada 21 November 1877.

Seperti apa perkembangan pemutar musik setelah penemuan fonograf? Berikut pemaparannya:

1. Fonograf

Alat ini dikembangkan oleh Thomas Alva Edison pada November 1877. Alat ini terdiri dari silinder besi yang dibungkus foil aluminium yang terhubung dalam diafragma, sebuah jarum itu akan menggoreskan foil aluminium.

Hasilnya, mesin ini bisa merekam dan memutar ulang suara hasil rekaman dari Edison dan asistennya. Percobaan puisi "Mary Had A Little Lamb" bisa terekam dengan baik melalui alat itu.

Keberhasilan penemuan dan pengembangan alat ini, mampu merubah perkembangan industri musik di Amerika hingga dunia.

Baca juga: Mengapa Mendengarkan Musik Bisa Mengusir Stres?

2. Gramofon

Keberhasilan fonograf menjadikan perangkat musik semakin berkembang. Emile Berliner mengembangkan teknologi tersebut ke dalam bentuk alat musik yang menggunakan piringan sebagai media rekaman.

Piringan ini berisi lagu yang berputar ketika dimainkan dalam framofon. Berliner berhasil mengembangkan alat ini pada 1887.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X