BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Honor

Salahkah Bermain "Mobile Game" saat Jam Kerja?

Kompas.com - 21/11/2018, 17:44 WIB
ilustrasi bermain mobile game ilustrasi bermain mobile game

KOMPAS.com – Jam kerja yang terkadang melebihi batas normal sekitar 8 jam, ditambah lagi load pekerjaan yang tinggi, tak jarang memicu timbulnya stres. Karena itu, mencuri waktu barang sejenak untuk beristirahat sangat disarankan demi mengembalikan semangat yang sempat turun.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres saat jam kerja, salah satunya adalah dengan bermain game. Seperti yang dilakukan Angelica (28) yang sudah menjajal berbagai game, seperti Vainglory, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), Rules of Survival (ROS), dan Ragnarok.

“Buat saya bukan hanya sekedar hobi, tapi juga sebagai solusi mengurangi stres di jam kerja,” tutur wanita yang sering mengikuti berbagai turnamen game dan saat ini sedang tahap kualifikasi 100 besar Crew Challenge PUBG.

Sebuah penelitian pun mengungkapkan hasil yang senada dengan apa yang Angelica tuturkan.

Chris Ferguson, profesor psikologi di Stetson University di DeLand, Florida mengungkapkan bahwa bermain game tak sekedar bisa menghibur.

Banyak orang memilih bermain game karena memang bisa menanggulangi stres saat bekerja, seperti dilansir dari BBC.

Namun, jika dilihat dari tren game saat ini, dari ketiga jenis game yang ada seperti console game, PC game, dan mobile game, yang paling banyak diminati yakni mobile game.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyaknya peminat mobile game tak terlepas dari perkembangan teknologi smartphone yang bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, melainkan juga sebagai sarana mencari hiburan.

Berbicara soal mobile game, yang perlu diperhatikan adalah perangkat yang digunakan. Tentu saja perangkat tersebut mesti mumpuni dari segi hardware maupun software. Jika tidak, bukannya mengurangi, justru menambah stres.

Perangkat mumpuni

Bicara smartphone, apalagi yang sering digunakan untuk mobile game, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah chipset.

Pada smartphone, chipset lebih dikenal dengan System on a Chip (SOC). Ini merupakan perangkat penting yang mendukung kinerja sebuah smartphone secara keseluruhan. Jadi bisa dibayangkan tanpa chipset yang mumpuni, tak hanya game, segala aktivitas yang dilakukan melalui smartphone akan terasa lama dan berat.

Dari segi prosesor pun harus diperhatikan. Prosesor sendiri merupakan bagian dari chipset. Di luar sana, banyak kita temui smartphone yang sudah ditanamkan prosesor terbaik. Salah satunya prosesor ARM yang menggunakan ARM Cortex A7x.

Urusan Random Access Memory (RAM) pun tak boleh terabaikan. Jangan sampai, prosesor canggih, tapi tidak didukung dengan kapasitas RAM yang memadai. Karena secara teori, semakin banyak fungsi dari smartphone, maka RAM yang dibutuhkan juga harus semakin besar. Untuk mendukung kinerja sebuah smartphone, RAM yang dibutuhkan minimal 4GB.

Jika ‘jeroan’ menjadi hal penting, maka tampilan luar seperti layar juga tak kalah penting. Karena saat bermain game, pastinya Anda menginginkan tampilan gambar yang sempurna. Resolusi layar terbaik untuk menunjang kenyamanan saat bermain game adalah layar yang memiliki full high definition (Full HD) ditambah ukuran layar yang lebar. Ini pastinya akan sangat memanjakan mata saat Anda bermain game.

Berbagai tipe smartphone sudah memiliki beberapa spesifikasi yang disebutkan di atas, salah satunya adalah Honor 8X.

Dilengkapi chipset dan prosesor terbaru dan terbaik di kelasnya, ditambah dengan resolusi layar yang sudah mendukung Full HD, serta layar lebar 6,5 inch yang pastinya membuat pengalaman bermain game Anda menjadi lebih seru.

Fitur canggih

Tak hanya itu, smartphone ini dilengkapi fitur-fitur canggih, seperti 4D smart shock yang menciptakan real time sound effect untuk scene game tertentu, misalnya suara ledakan atau tembakan. Tentunya ini membuat Anda merasa seperti bermain langsung di dunia game tersebut.

Pastinya akan menjadi sedikit menyebalkan jika saat asyik bermain game, tiba-tiba terganggu oleh notifikasi yang kadang tak hanya satu, melainkan banyak.

Nah, Honor 8X menyediakan fitur Deep Gaming Do Not Disturb yang akan membisukan notifikasi yang masuk. Dengan begitu, permainan game pun bakal berjalan seru tanpa adanya gangguan tak perlu.

 


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.