Manfaat Makan Ikan untuk Meningkatkan Gairah Seks - Kompas.com

Manfaat Makan Ikan untuk Meningkatkan Gairah Seks

Kompas.com - 21/11/2018, 19:19 WIB
Ilustrasi Makan Ikan shutterstock Ilustrasi Makan Ikan

KOMPAS.com - Manfaat makan ikan, selain untuk memenuhi kesehatan gizi sehari-hari, ternyata juga berguna untuk meningkatkan libido bercinta. Libido sendiri merupakan sesuatu yang mengacu pada dorongan seksual atau hasrat seksual seseorang.

Lynn Edlen-Nezin, PhD, penulis dan seorang psikolog kesehatan, menjelaskan bahwa nutrisi dari sumber makan tertentu dapat meningkatkan libido. Salah satunya adalah makan ikan yang berguna untuk kesehatan jantung.

Apa hubungan manfaat makan ikan, kesehatan jantung, dan libido seks? Begini, agar bisa menikmati seks, pria dan wanita harus memiliki aliran darah yang kuat dan sehat ke alat kelamin. Jantung yang sehat mendorong peredaran darah ke seluruh tubuh dan bisa meningkatkan sensasi saat berhubungan seks.

Baca juga: Simaklah, 6 Makanan Sehat yang Mampu Bangkitkan Libido Pria

Selain itu, ke 3 kandungan di bawah ini akan menjelaskan bagaimana manfaat kandungan yang ada pada ikan, dapat memengaruhi peningkatan libido manusia:

1. Arginine

Arginine adalah kandungan asam amino yang digunakan tubuh untuk menghasilkan oksida nitrat. Pada alat kelamin manusia, oksida nitrat digunakan untuk memperluas pembuluh darah. Ikan yang mengandung arginin antara lain adalah ikan salmon, ikan cod dan ikan halibut.

Aliran darah yang tidak lancar bisa membatasi kemampuan pria untuk ereksi dan mengganggu kemampuan seorang wanita untuk terangsang.

2. Zinc

Kandungan zinc dalam tubuh banyak dikaitkan dengan kadar testosteron dalam darah. Menurut sebuah artikel tahun 1997, yang dibuat oleh dokter Walter Eddy, kekurangan zinc dalam tubuh dapat mengganggu kelenjar seks dan menyebabkan jumlah sperma pria jadi sedikit. Zinc juga bermanfaat untuk perkembangan seksual yang sehat bagi manusia.

Salah satu cara untuk mendapatkan zat zinc harian yaitu dengan makan ikan. Disarankan bagi pria makan ikan yang mengandung zinc sebanyak 11 mg, dan wanita sebanyak 8 mg.

Ikan yang banyak mengandung mineral zinc antara lain, ikan cod 0,5 mg, ikan salmon sebanyak 1 mg, ikan tuna dan sarden mengandung 0,8 mg mineral zinc per porsinya.

3. Kandungan omega 3

Salah satu manfaat makan ikan yang paling banyak dicari adalah kandungan omega 3-nya yang sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon tubuh. Hormon tubuh yang baik akan meningkatkan sirkulasi darah ke alat kelamin, sehingga libido jadi lebih mudah dibangkitkan.

Selain itu, manfaat makan ikan juga baik untuk kesuburan, yang mana hal tersebut juga akan meningkatkan dorongan seksual baik bagi pria dan wanita.

Baca juga: Makanan yang Mendongkrak Libido Pria

Manfaat makan ikan lainnya yang baik untuk tubuh

Mengurangi risiko kolesterol tinggi dan sakit jantung

Bila kamu memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, hal tersebut akan meningkatkan risiko penyakit jantung, karena kolesterol akan menempel pada pembuluh darah dan menghambat aliran darah yang dipompa jantung.

Kandungan omega 3 pada ikan dapat membuat kadar kolesterol tubuh tetap seimbang. Seseorang dapat mengurangi tingkatan risiko dua kali lebih kecil terkena serangan jantung, bila makan ikan secara rutin.

Mencegah depresi

Depresi biasanya ditandai dengan rendahnya mood, selalu merasa tubuh tidak berenergi, dan malas menjalani aktivitas sehari-hari. Sayangnya, depresi saat ini merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang cukup berbahaya . Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan ikan secara teratur cenderung jarang mengalami depresi.

Mengapa demikian? Berbagai percobaan yang telah diuji menemukan bahwa asam lemak omega 3 bermanfaat melawan depresi. Selain itu, manfaat makan ikan dengan rutin, dapat meningkatkan efektivitas obat antidepresan.

Hal tersebut berlaku jika kamu bermasalah dengan mood dan adanya depresi, setidaknya obat yang kamu konsumsi akan menimbulkan dampak lebih baik untuk mencegah depresi datang kembali.


Sumber

Terkini Lainnya


Close Ads X