Kompas.com - 22/11/2018, 12:07 WIB
Rumus 5R untuk minimalisir sampah di lingkungan. Waste and RebelRumus 5R untuk minimalisir sampah di lingkungan.

KOMPAS.com – Sampah menjadi hal yang sangat lekat dengan kehidupan manusia. Banyak kegiatan manusia yang berperan menghasilkan sampah, terutama sampah plastik yang sulit diuraikan.

Produksi sampah selalu terjadi, sementara pengelolaannya kerap teganjal berbagai masalah.

Namun, kita dapat membantu mengurangi produksi sampah berlebihan dengan menerapkan rumus 5R, dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat. Lalu, apa 5R itu?

Refuse

Refuse memiliki arti menolak. Dalam hal ini, berarti anjuran untuk berani mengatakan tidak pada hal-hal yang menyebabkan penumpukan sampah.

Misalnya, menolak ajakan untuk membeli air mineral botolan. Penolakan itu bisa Anda lakukan dengan persiapan sebelumnya, seperti membawa air mineral menggunakan tempat minum atau tumbler pribadi.

Contoh lain adalah membawa tas belanja pribadi ketika masuk ke pusat perbelanjaan. Hal ini untuk menghentikan penggunaan kantong belanja plastik, setidaknya dimulai dari diri sendiri.

Biasakan untuk menggunakan barang yang tidak bersifat sekali pakai, sehingga masih bisa digunakan dalam beberapa waktu ke depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini tentu akan memberikan dampak pada upaya mengurangi sampah di bumi, terlebih apabila dilakukan secara massal, hasilnya pun akan semakin signifikan.

Namun memang, hal pertama ini tidak mudah untuk dilakukan, karena butuh komitmen dan kesadaran dari dalam diri untuk memulai sesuatu yang baru dan berani bersikap melawan dominasi.

Baca juga: Saatnya Indonesia Mengurangi Sampah Plastik

Reduce

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah reduce yang berarti mengurangi atau meminimalisasi penggunaan barang-barang yang potensial menjadi sampah tak terurai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.