Perhatikan Kebiasaan Penting agar Kulit Wajah Bersinar - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Vivo

Perhatikan Kebiasaan Penting agar Kulit Wajah Bersinar

Kompas.com - 25/11/2018, 11:40 WIB
Ilustrasi percaya diriTHINKSTOCK Ilustrasi percaya diri

KOMPAS.com - Arinta (21) terpukau dengan talenta para peserta The Voice Indonesia 2018. Suara mereka merdu dan mempunyai ciri khas masing-masing.

Kompetisi menyanyi The Voice menjadi acara favorit Arinta karena kegemarannya dengan musik. Melihat kegigihan para peserta, Arinta pun cukup percaya diri untuk mengikuti The Voice tahun depan, mencoba mengejar impiannya menjadi penyanyi.

Ia memiliki talenta bermain musik dan suara khas yang merdu. Buktinya ada dari beragam penghargaan dan piala yang ia raih dari berbagai lomba tarik suara sejak masa sekolah hingga kuliah.

Namun, ia agak khawatir karena kompetisi The Voice disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta sehingga akan ditonton banyak orang. Arinta merasa agak kurang percaya diri dengan tampilan wajahnya karena kusam dan jerawat yang sulit hilang.

Sebuah survei yang terlampir di netdoctor.co.ukJumat (5/5/17) menemukan bahwa lebih dari setengah perempuan merasa permasalahan kulit wajah menghambat mereka menikmati berbagai hal. Survei yang dihimpun dari 2.000 perempuan di Inggris itu bahkan mencatat kalau 13 persen di antaranya membuat diri mereka jadi tertutup dan kurang percaya diri.

Arinta merasa harus mengatasi masalah kepercayaan dirinya itu. Sayang jika ia jadi tak berani mencoba, menghadapi tantangan yang ia mimpikan karena keadaan wajah yang kusam.

Ilustrasi menjadi percaya diri.Shutterstock Ilustrasi menjadi percaya diri.
Apakah Anda pernah memiliki masalah serupa seperti Arinta? Jangan sampai perihal wajah membuat kurang percaya diri.

Permasalahan kulit wajah bisa diatasi asal penanganannya dilakukan tepat. 

Ada beberapa rutinitas yang wajib diperhatikan dan dilakukan agar kulit wajah bersih, sehat, dan bersinar. 

Perhatikan makanan yang masuk

Asupan nutrisi yang masuk ke tubuh bisa berpengaruh ke kondisi kulit, termasuk kulit wajah. Dilansir dari verywellhealth.com, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan produk-produk susu berdampak pada munculnya jerawat di kulit wajah sebagian orang.

Untuk itu, waspadalah dengan apa yang Anda makan sehari-hari. Perhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. 

Perbanyak sayuran dan buah-buahan penuh warna seperti berry dan dedaunan hijau karena mengandung antioksidan dan vitamin C yang membuat kulit berkilau dan sehat.

Wajib kenali kulit wajah

Anda perlu mengenali keadaan kulit wajah. Apakah tipe wajah normal, kering,  atau berminyak. Kalau sudah mengenalinya, lakukan perawatan yang sesuai. 

Jangan sampai abai, seperti mengetahui kalau kulit berminyak tapi tetap memakai foundation dan primer make up dengan kadar minyak yang tinggi.

Ilustrasi berdandan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi berdandan.
Penggunaan make up akan berpengaruh pula pada kesehatan wajah seseorang. Utamanya, hindari make up dengan bahan kimia berbahaya seperti merkuri dan hidroquinon yang dapat merusak kulit wajah.

Kemudian, make up berharga mahal tidak selalu berarti akan lebih bagus dan cocok dengan kulit wajah. Make up yang lebih murah seperti yang ada di drugstore juga cocok untuk sebagian orang. Nah, jika kulit wajah sudah cocok dengan make up tertentu, sebaiknya jangan berubah-ubah lagi supaya wajah tetap sehat.

Konsultasi dengan dokter

Jika keberadaan jerawat di wajah cukup banyak dan parah, tak ada salahnya mencoba konsultasi dengan dokter. Dokter kulit dapat mengenali kondisi wajah Anda dengan baik dan menggali penyebab kulit wajah Anda yang kusam atau berjerawat.

Selain itu, dokter pun bisa memberi resep obat jerawat yang cocok. 

Rutinitas penting untuk muka

Rutinitas penting yang tak boleh ditinggal agar wajah sehat, bersih, dan cerah antara lain kebiasaan mencuci wajah, membersihkan sisa make up, dan menggunakan pelindung sinar UV. 

Christine Choi Kim MD, board-certified medical and cosmetic dermatologist dari California menyarankan penggunaan sunscreen dengan SPF 30 dan tidak lebih dari itu agar efektif. Gunakan pula di leher dan tangan yang terekspos sinar matahari agar kulit tak rusak.

Selain itu, perhatikan pula kebersihan benda yang sering menempel di wajah seperti smartphone. Lap layar smartphone dengan kain microfiber agar bakteri dan debu yang ada dapat luntur.

Setelah melakukan tips-tips di atas, perhatikan perubahan pada wajah Anda. Coba potret perubahan wajah yang bersih dan semakin berkilau dengan ber-selfie

Untuk hasil foto potrait selfie yang oke, kehadiran fitur Artifical Intelligence pada kamera smartphone sepertri Vivo V11 Pro dapat memberi hasil maksimal.

Vivo V11 Pro memiliki kamera depan beresolusi 25 MP dan Dual Rear Camera di belakangnya memiliki resolusi 12MP dan 5MP.

Hasil foto yang dihasilkan akan terlihat cantik natural tanpa efek beautifikasi yang berlebih. Spesifikasi detil lainnya, cek di laman e-commerce berikut.

Dengan begitu, perubahan wajah yang semakin sehat dan cerah pun terlihat. Kepercayaan diri juga meningkat kembali.

Jadi, tak ada keraguan lagi dalam melakukan yang Anda inginkan bukan?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya