Kompas.com - 27/11/2018, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Banyak pria yang menganggap menumbuhkan rambut di wajah, seperti brewok atau kumis, bisa menambah sisi maskulin dalam diri mereka.

Apa pun alasannya, ternyata sebenarnya kita perlu memperhatikan rambut yang tumbuh di wajah karena bisa menunjukkan ada tidaknya gangguan kesehatan.

Dokter kulit Joel Schlessinger dan pakar nutrisi Paul Salter sepakat, rambut di wajah bisa menjadi pertanda bagi kondisi kesehatan kita.

Dilansir dari Reade'r Diggest, berikut kondisi kesehatan kita dilihat dari rambut di wajah.

1. Rontok

Jenggot yang rontok bisa menjadi pertanda adanya alopecia barbae yang merupakan gangguan autoimun. Meski tidak menular atau pun berbahaya, tetapi kondisi ini bisa memicu iritasi, rasa terbakar, dan peradangan kulit.

Autoimun ini terjadi karena tubuh mulai melihat folikel rambut sebagai "penyusup" dan menyerang sel rambut sampai berhenti tumbuh.

Kondisi ini tak dapat diobati. Konsultasikan dengan dokter terutama jika kerontokan brewok disertai dengan rambut rontok di kepala dan juga rasa lemas, berat badan turun tanpa sebab, atau gangguan pencernaan.

Bisa jadi, kondisi ini disebabkan karena adanya gangguan tiroid, lupus atau diabetes.

Baca juga: Tips Agar Janggut Tumbuh Lebih Lebat dan Keren

2. Jenggot tipis atau menipis

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.