Sehat dan Bugar Sampai Tua Perlu Persiapan Sejak Muda - Kompas.com

Sehat dan Bugar Sampai Tua Perlu Persiapan Sejak Muda

Kompas.com - 28/11/2018, 15:32 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Usia boleh bertambah, tapi hidup sehat dan bugar tak boleh ketinggalan, dong. Kuncinya adalah mempersiapkannya sejak muda.

Sayangnya, di saat muda kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan tentang kesehatan, terutama tentang bagaimana menghadapi fase penuaan dengan sehat.

Menurut Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman, modal menghadapi masa penuaan adalah melatih kebiasaan makan sehat dan berolahraga.

"Makan adalah kebiasaan yang bisa kita latih rutin setiap hari. Di antaranya melatih menentukan porsi dan memilih jenis makanan padat nutrisi," kata Bowerman dalam siaran pers.

Membangun kebiasaan makan yang baik memang tidak mudah, apalagi dengan makin beragamnya jenis makanan yang terlihat lezat namun sebenarnya minim gizi.

"Setiap kali kita membuat pilihan makanan yang tepat, berarti kita telah tegas pada diri sendiri untuk membangun kebiasaan makan yang baik. Ini akan berguna seumur hidup," ujarnya.

Jika kebiasaan makan baru diubah saat mulai muncul berbagai gangguan kesehatan, menurut Bowerman, hasilnya biasanya gagal.

Bagaimana pun, tak gampang mengubah kebiasaan makan yang sudah dilakukan berpuluh tahun sebelumnya.

Baca juga: Merawat Cucu Perpanjang Umur Lansia?

Persiapan penting lain untuk mempertahankan kebugaran fisik saat usia bertambah adalah menjaga kesehatan tulang.

Tulang yang sehat dan kuat dibangun selama masa remaja karena kemampuan tubuh untuk menyimpan kalsium di tulang optimal pada sekitar usia 30.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi cukup kalsium dari makanan dan secara teratur berlatih beban.

"Keduanya penting untuk membangun massa tulang," katanya.

Latihan beban juga akan membantu terbangunnya massa otot sekaligus mencegah obesitas.

"Membangun massa otot bisa dilakukan di usia berapa pun. Jika kita memulai kebiasaan baik di usia muda, kita akan cenderung meneruskannya sepanjang hidup," katanya.

Baca juga: Kesepian Akibatkan Orang Lanjut Usia Kurang Gizi


Terkini Lainnya


Close Ads X