Kompas.com - 28/11/2018, 19:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Cynthia Lamusu tampak berseri-seri sambil menggendong putrinya Ataya Tatjana Aisyah Putri atau yang biasa disapa Tatjana.

Hadir dalam acara peluncuran buku mengenai ASI untuk bayi prematur, Cynthia menceritakan momentum kelahiran dua buah hatinya.

Dua anak kembar Cynthia, yakni Tatjana dan Atharva Bimasena Saputra (Bima) lahir prematur pada usia kehamilan 33 minggu.

Momentum yang selalu diingatnya adalah ketika berjuang mengusahakan air susu ibu (ASI) bagi Tatjana dan Bima.

Saat itu, Tatjana lahir dengan bobot 2,1 kilogram, sementara Bima 1,2 kilogram. Keduanya pun kemudian harus dirawat di Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Baca juga: 4 Jenis Pemeriksaan yang Wajib Dilakukan untuk Bayi Prematur

"Perjuangan (mengusahakan) ASI karena saya tahu dari awal ASI sangat baik sekali," kata Cynthia yang ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2018).

Cynthia saat itu belum banyak belajar soal laktasi dengan kondisi kelahiran prematur.

Ketika mendapatkan prediksi kemungkinan preeklamsia, anggota grup vokal Be3 itu langsung menyiapkan pendonor ASI untuk kedua anaknya.

Preeklamsia adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ.

Apalagi, saat itu usia Cynthia terbilang sudah tak lagi muda. "Saran dari tim dokter, kami siapkan donor yang sudah di-screening," tuturnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.