Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Asmara yang Sehat Bisa Berikan 6 Manfaat Tak Terduga

Kompas.com - 29/11/2018, 16:00 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Hubungan yang sehat, langgeng, dan harmonis adalah impian semua pasangan. Untuk mewujudkannya memang tidak mudah, kunci utamanya adalah saling jujur dan terbuka.

Kita juga perlu peduli dan menghargai satu sama lain. Dengan begitu hubungan dengan pasangan akan terjaga baik.

Memiliki jalinan kasih yang sehat bukan hanya menguntungkan hubungan asmara itu sendiri. Namun, kita juga bisa mendapatkan manfaat dari menjalin hubungan yang sehat. Apa saja manfaatnya?

1. Selalu ada yang mendukung

Dengan membangun hubungan yang sehat bersama pasangan, kita bisa memiliki pendukung atau penyemangat yang sedia setiap saat.

Pasangan bisa menjadi penyemangat terbaik dalam hidup. Pasangan akan memberikan bahunya untuk tempat bersandar di kala sedih dan menenangkan hati kita.

Pasangan juga bisa menjadi pendengar yang baik di saat kita sedang berkeluh kesah. Ia juga bisa memberikan saran dan tetap mendukung dalam keadaan apa pun. Dukungan-dukungan ini yang akan memberikan kekuatan untuk menghadapi masalah.

Baca juga: Sudah Bilang Terima Kasih Pada Pasangan, Hari Ini?

2. Berkembang menjadi orang yang lebih baik

Kunci hubungan yang sehat adalah menjadi diri sendiri tanpa harus jaim di depan pasangan. Berarti dengan menjalin hubungan yang sehat, kita dan pasangan bisa menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Dari kekurangan tersebut, kita dan pasangan bisa saling membantu untuk menjadi lebih baik. Menasihati jika ada yang salah dan menerima kritikan yang membangun jika memang diperlukan.

3. Cinta yang dalam dan mengakar

Cinta akan semakin tumbuh jika kita dan pasangan bisa saling mengerti dan menghargai. Keduanya adalah cara untuk memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan. Dengan begitu, kita dan pasangan akan memiliki rasa sayang dan cinta yang lebih dalam.

Rasa sayang dan cinta selama bersama membuat kita menjadi lebih bahagia jika bersama dan akan merasa baik-baik saja dan penuh rasa percaya dalam menghadapi apa pun.

4. Mengurangi stres

Saat ada masalah, pasangan bisa memberikan dukungan dan membantu merasa lebih baik. Pasangan bisa menghibur dan mendengarkan keluh kesah. Dengan begitu meski sedang ada masalah, kita tidak tenggelam dalam stres berlebihan.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com