Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Memulai Olahraga untuk Orang Gemuk?

Kompas.com - 29/11/2018, 16:27 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Olahraga sangat diperlukan bagi orang obesitas, meskipun memang pada dasarnya sulit untuk bergerak karena beban di tubuh yang besar. Namun, ini bukan berarti orang obesitas tidak bisa melakukan olahraga apapun.

Untuk memulai berolahraga memang tak mudah, apalagi bagi mereka yang kelebihan berat badan. Umumnya ada rasa berat, malas, hingga malu untuk berolahraga.

Tetapi olahraga bisa menjadi gaya hidup yang menyenangkan jika dimulai dengan cara yang tepat. Nah, bagaimana cara memulai olahraga untuk orang gemuk?

Saat memulai olahraga, yang paling penting adalah memilih olahraga yang aman. Kondisi obesitas atau gemuk membuat tingginya tingkat stres organ jantung, jaringan tulang, dan persendian. Maka itu, olahraga dengan gerakan terlalu cepat atau dengan beban yang terlalu besar mudah menimbulkan cedera.

Kamu dapat konsultasi dahulu dengan dokter sebelum berolahraga. Khususnya bagi mereka yang sama sekali tidak pernah berolahraga. Pastikan memulai rutinitas olahraga yang aman dan bisa dijalankan sebagai kebiasaan sehari-hari.

Pada dasarnya kamu dapat melakukan semua olahraga yang kamu suka dan mampu melakukannya. Namun, akan lebih aman jika orang dengan obesitas melakukan olahraga low-impact.

Contohnya jika memiliki masalah lutut, kamu sebaiknya memilih jenis olahraga low impact seperti bersepeda atau berenang.

Baca juga: 3 Manfaat Olahraga Lari Buat Orang Gemuk

Setelah menentukan olahraga apa yang akan dijalankan, lakukan secara konsisten tanpa paksaan. Jangan melulu berpikir kapan berat badan akan berkurang. Tanamkan bahwa kamu olahraga karena ingin sehat. Fokus pada tujuan ini. Dengan tujuan ini, penurunan berat badan akan mengikuti dengan sendirinya.

Berapa durasi olahraga untuk orang gemuk yang tepat?

Ilustrasi laricoffeekai Ilustrasi lari
Jika kamu baru berolahraga, kamu dapat memulai selama 10-15 menit, tiga hari dalam seminggu. Selanjutnya seiring beradaptasinya tubuh terhadap olahraga, tambah waktu sekali olahraga menjadi 30-60 menit dalam sehari.

Selanjutnya, durasi olahraga sebaiknya minimal 150 menit per minggu. Kamu bisa melakukan olahraga 5 hari dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit per hari.

Kamu tidak harus olahraga langsung 30 menit sehari. Kamu dapat membagi misalnya olahraga pagi 10 menit, olahraga setelah makan siang 10 menit, dan olahraga sore 10 menit.

Untuk meningkatkan peluang keberhasilan olahraga, sebaiknya cobalah untuk menjadwalkannya di waktu yang sama setiap hari. Misalnya, selalu olahraga 30 menit di pagi hari sebelum bersiap-siap pergi ke kantor. Ulangi kegiatan ini terus-menerus sampai menjadi kebiasaan.

Ketika mulai berolahraga, jangan biarkan diri terpaku pada jam. Jangan memikirkan sudah berapa lama di sini. Fokuslah pada gerakan yang dilakukan, dan nikmati gerakan tersebut sampai durasinya memang habis.

Baca juga: 10 Tahap Memulai Rutinitas Olahraga dari Rumah

Tips olahraga untuk orang gemuk agar tidak mudah jenuh

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com