Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Lukisan Wali Kota Solo dan Istri yang Dilelang di Pendopo Gedhe

Kompas.com - 29/11/2018, 18:12 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Seniman lukis Kota Solo bekerja sama dengan Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), menggelar Solo Auction Exhibition (SAE).

Acara yang diselenggarakan di Pendopo Gedhe Balai Kota Surakarta itu digelar sejak Selasa (27/11/2018) dan ditutup dengan lelang lukisan pada Kamis (29/11/2018).

Puluhan lukisan dipamerkan dan dilelang dalam acara tersebut.

Salah satunya, lukisan yang menggambarkan momen mesra antara Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo, bersama sang istri. Lukisan itu menjadi salah satu daya tarik tersendiri dalam acara ini.

Baca juga: Wali Kota Solo Pilih Tak Libur demi Pantau Warga yang Mudik

Bukan sekadar lukisan, karya seni tersebut memiliki arti khusus sehingga dijadikan sebagai lukisan spesial dalam acara ini.

Sembrani -sang pelukis, mengaku mendapatkan mandat dari panitia untuk membuat lukisan tersebut, dengan makna mendalam di baliknya.

"Saya waktu itu dikasih foto Pak Wali sama panitia untuk diubah jadi lukisan. Saya amati pose Pak Wali dan istri di foto itu, kelihatannya asik gitu," ucap Sembrani.

Ia menambahkan, pose dan ekspresi wajah dalam lukisan spesial yang dibuatnya itu seakan menunjukkan momen khusus bersama pasangan, persis seperti yang ditujukan dalam foto.

"Ada momen kebersamaan gitu. Jadi, seolah menceritakan kebahagiaan saat menghabiskan waktu dengan pasangan," ucap pelukis asli Wonogiri tersebut.

Baca juga: Dilarang Bawa Tas ke Ruangan Wali Kota Solo, Ini Loker Khususnya

Dari foto tersebut, Sembrani akhirnya menciptakan lukisan yang mengabadikan momen Wali Kota Surakarta dan sang istri, saat melakukan perjalanan di sebuah negara di Timur Tengah.

Untuk membuat lukisan tersebut, Sembrani mengaku memerlukan waktu sekitar satu minggu.

Nah, hasil lelang lukisan tersebut rencananya akan disumbangkan untuk membantu anak-anak di panti asuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com