4 Cara Agar Kita Tak Malas Berolahraga

Kompas.com - 30/11/2018, 12:17 WIB
Ilustrasi olahragashutterstock Ilustrasi olahraga

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi olahraga memang baik untuk menjaga kesehatan, kebugaran, sekaligus mempertahankan bentuk tubuh.

Namun, terkadang rasa malas kerap mendera dan membuat kita menghentikan aktivitas berolahraga.

Apalagi, ketika musim hujan disertai cuaca dingin seperti akhir-akhir ini. Motivasi merupakan kunci penting untuk mempertahankan gaya hidup aktif.

Nah, agar motivasi untuk berolahraga tak mudah luntur, berikut empat tips agar kita tak malas berolahraga.

1. Tentukan alasan untuk berolahraga

Alasan menjadi modal penting untuk tetap mempertahankan motivasi kita berolahraga. Tanpa dasar yang kuat, kita akan mudah untuk goyah melewatkan rutinitas menyehatkan ini.

Yah, tujuan yang terukur akan mempermudah kita untuk meraihnya. Untuk itu, kita perlu menetapkan dasar yang kuat agar tetap termotivasi dalam berolahraga.

Michelle Segar, ilmuwan perilaku AS, mengatakan baginya alasan terbaik untuk berolahraga adalah karena manfaatnya yang mampu mengurangi stres dan kehidupan seksual yang lebih baik.

Meski demikian alasan kita masing-masing bsia berbeda. Ada yang ingin tetap sehat, ingin meningkatkan kebugaran, mendapat tubuh yang bagus, atau agar bisa tetap beraktivitas dengan anak cucu sampai tua.

Alasan itu lebih baik merupakan sesuatu yang berkelanjutan. Artinya jika tujuan kita misalnya hanya mencapai berat tubuh tertentu, maka begitu tercapai, semangat untuk berolahraga terus bisa kendor.

Tentu saja, olahraga merupakan cara terbaik agar bentuk tubuh menjadi indah. Namun, alasan ini menurut Segar kurang mampu menjaga motivasi kita dalam berolahraga.

Ia juga mengatakan alasan seseorang untuk berolahraga harus cukup kuat, agar ketika aktivitas sehari-hari, tenggat waktu pekerjaan, dan komitmen sosial, menghalangi rutintas olahraga, kita tetap rutin melakoninya.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X