Kenapa Hari AIDS Sedunia Begitu Penting untuk Dikampanyekan...

Kompas.com - 01/12/2018, 11:34 WIB
Ilustrasi kepedulian terhadap HIV/AIDS Getty Images/iStockphotoIlustrasi kepedulian terhadap HIV/AIDS

KOMPAS.com - Dunia medis dari tahun ke tahun mengalami dinamika tersendiri. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengobatan baru. Banyak penyakit yang kini bisa ditanggulangi dengan penemuan mutakhir.

Meski demikian, HIV/ AIDS menjadi salah satu tantangan dunia medis yang masih sulit dihadapi. Penyakit ini masih menjadi tantangan, terutama bagi negara yang dikategorikan berpenghasilan rendah.

Kesadaran akan informasi mengenai penyakit AIDS yang disebabkan virus HIV kurang begitu dipahami secara mendalam oleh banyak orang. Karena itu, perlunya pemahaman yang mendalam akan dampak dari penyakit itu.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kewaspadaan akan HIV/AIDS adalah dengan menjadikan 1 Desember sebagai Hari AIDS Sedunia.

Baca juga: Hari AIDS Sedunia, Ketahui Apakah Kita Beresiko

Perjalanan Hari AIDS Sedunia

Dilansir dari Independent, Hari AIDS Sedunia kali pertama diperkenalkan media saat Pemilihan Presiden AS 1988 dan menjelang Hari Raya Natal saat itu.

Seorang pegawai humas di Badan Kesehatan Dunia (WHO) bernama James Bunn memberikan kampanye-kampanye mengenai HIV/AIDS. Bunn aktif melakukan kampanye pencegahan HIV/AIDS bersama rekannya di WHO, Thomas Netter.

Keduanya kemudian mengajukan rancangan Hari AIDS Sedunia kepada bosnya, yaitu Direktur Program Global terkait AIDS di WHO, Jonathan Mann.

WHO kemudian memutuskan pada 1 Desember sebagai Hari AIDS Sedunia, dimulai sejak 1988.

Hari AIDS Sedunia pertama berfokus pada tema anak-anak dan remaja. Ini dimaksudkan untuk membawa kesadaran yang lebih besar tentang dampak AIDS pada keluarga, bukan hanya kelompok-kelompok tertentu.

Saat itu, memang ada stereotipe bahwa penderita AIDS biasanya identik dengan gay, biseksual, atau pengguna narkoba terutama yang disuntik. Padahal, AIDS dapat dijangkit siapa pun, dan penularannya pun tak hanya melalui hubungan seksual atau penggunaan narkoba.

Ilustrasi. Ilustrasi.
Mulai 1996, Hari AIDS Sedunia dikampanyekan oleh UNAIDS, sebagai organisasi dunia di bawah PBB yang fokus terhadap HIV/AIDS. Tujuannya adalah untuk memperluas cakupan sosialisasi dan kampaye pencegahan penyakit sepanjang tahun.

Misi utama UNAIDS adalah untuk memperkuat dan mendukung respons yang meluas terhadap HIV dan AIDS yang termasuk mencegah transmisi HIV, menyediakan fasilitas dan dukungan untuk orang yang sudah terlanjur hidup dengan virus, mengurangi kerentanan seseorang dan komunitas terhadap HIV, serta mengurangi dampaknya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X