Kompas.com - 01/12/2018, 13:48 WIB
Ilustrasi HIV/AIDS masih memiliki harapan untuk tetap sehat. FreepikIlustrasi HIV/AIDS masih memiliki harapan untuk tetap sehat.

KOMPAS.com – Hari ini, 1 Desember, diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. AIDS diketahui sebagai satu penyakit yang ditakuti karena bisa mengancam nyawa.

Berdasarkan data dari lembaga dunia yang mengatasi AIDS, UNAIDS, pada 2017 tercatat 36,9 juta penduduk dunia menderita HIV/AIDS. Sebanyak 940.000 di antaranya berujung pada kematian.

Namun, bukan berarti penderita HIV/AIDS akan berujung buruk. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk tetap sehat meskipun terdapat HIV di dalam tubuh seseorang.

Berdasarkan saran yang diberikan oleh organisasi anti HIV/AIDS, Avert, terdapat empat hal yang harus dilakukan oleh penderita agar dapat bertahan hidup dalam keadaan yang sehat.

1. Perawatan antiretroviral rutin

Pengidap HIV sangat dianjurkan untuk menjalani perawatan antiretroviral secara rutin. Perawatan ini adalah perawatan khusus yang ditujukan bagi penderita yang terinfeksi retrovirus, terutama HIV.

Obat yang digunakan dalam perawatan ini akan berbeda tergantung pada stadium yang diderita oleh penderita.

Maka dari itu, sangat penting bagi siapa pun yang sudah mengetahui dirinya terjangkit HIV, untuk melakukan pemeriksaan rutin dan berkonsultasi secara aktif dengan ahli kesehatan yang mengetahui kondisinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu penting dilakukan untuk mengetahui perkembangan kesehatan diri dan mendapatkan penanganan sesuai dengan stasenya.

Baca juga: HIV/AIDS dalam Angka: 36,9 Juta Penderita, 25 Persen Tak Menyadarinya

Pengobatan ini baik dilakukan secepat mungkin jika memungkinkan, sebelum persebaran virus semakin meluas dan membahayakan.

Terapi ini akan membuat penderita mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan medis, dan pasti akan menimbulkan efek samping pada bulan-bulan pertama pemakaian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.