Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan 3 Hal Ini agar Tetap Sehat meski Mengidap HIV/AIDS

Kompas.com - 01/12/2018, 13:48 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hari ini, 1 Desember, diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. AIDS diketahui sebagai satu penyakit yang ditakuti karena bisa mengancam nyawa.

Berdasarkan data dari lembaga dunia yang mengatasi AIDS, UNAIDS, pada 2017 tercatat 36,9 juta penduduk dunia menderita HIV/AIDS. Sebanyak 940.000 di antaranya berujung pada kematian.

Namun, bukan berarti penderita HIV/AIDS akan berujung buruk. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk tetap sehat meskipun terdapat HIV di dalam tubuh seseorang.

Berdasarkan saran yang diberikan oleh organisasi anti HIV/AIDS, Avert, terdapat empat hal yang harus dilakukan oleh penderita agar dapat bertahan hidup dalam keadaan yang sehat.

1. Perawatan antiretroviral rutin

Pengidap HIV sangat dianjurkan untuk menjalani perawatan antiretroviral secara rutin. Perawatan ini adalah perawatan khusus yang ditujukan bagi penderita yang terinfeksi retrovirus, terutama HIV.

Obat yang digunakan dalam perawatan ini akan berbeda tergantung pada stadium yang diderita oleh penderita.

Maka dari itu, sangat penting bagi siapa pun yang sudah mengetahui dirinya terjangkit HIV, untuk melakukan pemeriksaan rutin dan berkonsultasi secara aktif dengan ahli kesehatan yang mengetahui kondisinya.

Hal itu penting dilakukan untuk mengetahui perkembangan kesehatan diri dan mendapatkan penanganan sesuai dengan stasenya.

Baca juga: HIV/AIDS dalam Angka: 36,9 Juta Penderita, 25 Persen Tak Menyadarinya

Pengobatan ini baik dilakukan secepat mungkin jika memungkinkan, sebelum persebaran virus semakin meluas dan membahayakan.

Terapi ini akan membuat penderita mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan medis, dan pasti akan menimbulkan efek samping pada bulan-bulan pertama pemakaian.

Namun, apabila efek samping itu mempengaruhi kualitas hidup yang sebelumnya ada, disarankan untuk beralih dan menukar jenis obat yang digunakan untuk penyembuhan.

Pengobatan ini harus dilakukan secara rutin dan teratur. Jika tidak, maka pengobatan ini tidak akan membantu penderita mendapatkan imun yang stabil.

2. Lakukan pola hidup sehat

Jalani pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit jantung.Dok Prodia Jalani pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit jantung.

Setelah melakukan pengobatan atau terapi secara rutin dan berkelanjutan, ada hal lain yang penting untuk dijaga, yaitu menjaga pola hidup sehat.

Pola hidup sehat yang dimaksud adalah mengusahakan agar keadaan jasmani senantiasa sehat dan bugar. Hal itu bisa didapatkan dengan menerapkan pola makan sehat, olahraga cukup, dan menghindari penggunaan alkohol juga narkotika.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com