Seberapa Cepat Ejakulasi Disebut Terlalu Dini?

Kompas.com - 03/12/2018, 21:21 WIB
ilustrasi pasangan shutterstockilustrasi pasangan
Editor Wisnubrata

Ejakulasi dini adalah keluhan seks yang paling umum dilaporkan oleh sebagian besar pria dewasa. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Drug Discovery Today Journal tahun 2016 yang menyebutkan bahwa sekitar 20-30 persen pria di dunia mengalami ejakulasi dini.

Beragam studi juga melaporkan 1 dari 3 pria di dunia ini pernah terlalu cepat ejakulasi setidaknya sekali seumur hidup.

Sebenarnya, seberapa cepat waktu berhubungan seksual untuk bisa dikatakan ejakulasi dini?

Ejakulasi dini adalah orgasme yang terjadi terlalu cepat di luar keinginan, baik sebelum atau sesaat setelah penetrasi seksual.

Orgasme pada pria ditandai dengan keluarnya air mani, yang menjadi gol dari aktivitas seks pada umumnya. Ejakulasi dini bahkan bisa juga terjadi saat masturbasi.

Baca juga: Seberapa Sering Sebaiknya Pria Mengalami Ejakulasi?

Sebenarnya tidak ada patokan batas waktu khusus yang harus dilalui pria untuk mencapai “garis akhir” setelah bercinta. Setiap pria memiliki waktu orgasme yang bervariasi, tergantung situasi dan kondisinya saat itu.

Waktu rata-rata yang dibutuhkan oleh pria untuk ejakulasi normalnya akan memakan waktu sekitar 4-5 menit, ungkap Andrew C. Kramer, MD, seorang ahli urologi dari University of Maryland School of Medicine di Amerika Serikat.

Akan tetapi, sebagian besar pakar kesehatan mengartikan waktu ejakulasi dini biasanya hanya dalam hitungan 30-60 detik atau kurang dari dua menit setelah penetrasi. Ejakulasi dini juga ditandai dengan orgasme yang terjadi bahkan setelah rangsangan seks yang minim.

Ejakulasi dini dapat membuat seks jadi terasa tidak memuaskan bagi kedua belah pasangan yang akhirnya dapat memadamkan gairah bercinta dalam jangka panjang.

Bisakah kondisi ini diobati?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X