Olahraga Berkelompok Bikin Lebih Efektif dan Semangat, Apa Alasannya? - Kompas.com

Olahraga Berkelompok Bikin Lebih Efektif dan Semangat, Apa Alasannya?

Kompas.com - 06/12/2018, 18:58 WIB
Ilustrasi olahraga melompatUberImages Ilustrasi olahraga melompat

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, menemukan motivasi untuk berolahraga menjadi hal yang sangat sulit.

Mulai dari padatnya kesibukan harian, tempat olahraga yang jauh, hingga dorongan rasa malas.

Jika kamu merasakannya, mungkin kamu bisa mencoba olahraga berkelompok. Baik mengikuti kelas-kelas olahraga maupun bersama dengan teman-teman.

Sebab, berolahraga secara berkelompok ternyata mampu meningkatkan motivasi seseorang.

Hal itu juga diungkapkan oleh instruktur zumba dan owner Sana Studio Laila Munaf dalam peluncuran AIA Healthy Living Index 2018 di Elite Club, Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018).

"Kalau olahraga malas, enggak ada semangat, tapi kalau datang ke group classes seringkali dapat suntikan semangat," kata Laila.

Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Olahraga Bersama Pasangan

Head of Brand and Communication PT AIA Financial Kathryn Monika Parapak, dr. Raissa E. Djuanda M. Gizi, Sp.GK serta instruktur zumba dan owner Sana Studio Laila Munaf (paling kiri ke kanan) di Elite Club, Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Head of Brand and Communication PT AIA Financial Kathryn Monika Parapak, dr. Raissa E. Djuanda M. Gizi, Sp.GK serta instruktur zumba dan owner Sana Studio Laila Munaf (paling kiri ke kanan) di Elite Club, Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018).
Ketika melakukan olahraga berkelompok, seseorang bisa melihat orang-orang lain begitu bersemangat melakukan aktivitas tersebut tanpa memandang umur dan kondisi fisik.

Dari sana, semangat seseorang akan terbangun karena mendapatkan energi positif dari sekitarnya.

Apalagi, pada beberapa kelas kita juga dilarang menggunakan ponsel saat sesi olahraga. Hal itu membuat olahraga kita juga lebih efektif.

Efek yang sama juga bisa didapatkan dengan berolahraga bersama teman. Beberapa orang mungkin merasa kurang suka mengikuti sesi kelas olahraga. Bagi mereka, olahraga bersama sahabat dekat bisa menjadi pilihan.

"Enggak harus ikut yang satu kelas isinya 15 orang, tapi biasanya kalau ada teman jauh lebih enak," tuturnya.

Baca juga: 5 Cara Memotivasi Diri Supaya Semangat Olahraga Pagi

Namun, kesenangan dalam berolahraga menurutnya kembali pada masing-masing individu. Beberapa orang mungkin lebih suka berolahraga sendiri, misalnya lari atau pergi ke pusat kebugaran.

Jika ingin mengetahui pola olahraga seperti apa yang paling cocok, Laila menyarankan kita untuk mencobanya terlebih dahulu.

"Kita enggak akan tahu kalau kita tidak coba. Jadi kalau mau tahu, coba kamu olahraga misalnya lari sendiri dan lari ada temannya. Rasanya akan beda banget," kata dia.

Studi tentang efektivitas olahraga berkelompok ternyata sudah pernah ada sebelumnya. Seperti riset yang dipublikasikan pada Journal of Social Science dan studi pada jurnal Obesity di 2016.

Menurut studi tersebut, orang-orang yang mengalami obesitas cenderung lebih mudah menurunkan berat badan ketika berolahraga secara berkelompok.

Meski secara intensitas olahraga sendiri maupun berkelompok tak memiliki perbedaan, namun kebahagiaan bersama dengan orang lain seringkali membuat kita lebih menikmati sesi olahraga yang dijalankan.

Nah, jadi apakah kamu berminat rutin berolahraga bersama mulai hari ini?



Close Ads X