Kompas.com - 07/12/2018, 11:35 WIB
Jam tangan Casio G-Shock GBA-800, salah satu varian di jajaran Casio G-Squad yang dirancang dengan konektivitas Bluetooth hingga bisa dipakai untuk memantau jumlah langkah dan pembakaran kalori si pemakai. KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTOJam tangan Casio G-Shock GBA-800, salah satu varian di jajaran Casio G-Squad yang dirancang dengan konektivitas Bluetooth hingga bisa dipakai untuk memantau jumlah langkah dan pembakaran kalori si pemakai.

KOMPAS.com - Anastasia terlihat gusar, saat mendapati smartwatch yang akan dipakainya untuk jogging pagi itu, tak menyala karena kehabisan baterai.

"Ah, lupa nge-charge," kata dia sambil mengembalikan jam tangan itu ke dalam kotak merah berisi koleksi jam tangannya.

Ibu dua anak ini memang gemar mengoleksi arloji, salah satunya adalah jam tangan pintar yang dipakai saat dia berolahraga.

Kebiasaannya berganti-ganti arloji membuat dia lupa memantau kondisi baterai pada jam tersebut.

Alhasil, dia pun melakukan olahraga pagi itu tanpa ditemani jam tangan pintar-nya.

Padahal, dengan smartwatch itu, Anastasia bisa memantau seberapa banyak kalori yang terbakar, hingga mode pengingat tingkat detak jantung (heartrate) saat beraktivitas.

Pengalaman Anastasia ini mungkin menjadi hal umum yang dialami oleh para pemakai smartwatch.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketelitian untuk selalu memperhatikan kondisi baterai rechargeable pada jam adalah hal penting jika ingin jam itu bisa dipakai kapan pun dibutuhkan.

Baca juga: Sang Pencipta G-SHOCK Kikuo Ibe Bersuara untuk Atlet Para Games RI

Selain karena lupa me-recharge, kelengkapan teknologi seperti GPS (Global Positioning System), hingga konektivitas beragam aplikasi pada ponsel memang membuat smartwatch boros baterai.

Solusinya, kerap pengguna jam pintar hanya memakainya pada mode "aman" --tanpa mengaktifkan fitur-fitur mutakhir tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.