Kompas.com - 08/12/2018, 08:00 WIB
Head of Brand and Communication PT AIA Financial Kathryn Monika Parapak, dr. Raissa E. Djuanda M. Gizi, Sp.GK serta instruktur zumba dan owner Sana Studio Laila Munaf (paling kiri ke kanan) di Elite Club, Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018). KOMPAS.com/Nabilla TashandraHead of Brand and Communication PT AIA Financial Kathryn Monika Parapak, dr. Raissa E. Djuanda M. Gizi, Sp.GK serta instruktur zumba dan owner Sana Studio Laila Munaf (paling kiri ke kanan) di Elite Club, Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018).

KOMPAS.comOlahraga rutin memberikan banyak manfaat kesehatan. Tidak hanya secara fisik, olahraga juga bisa memengaruhi mood seseorang.

Namun, bukan berarti kita harus memaksakan olahraga ketika tubuh sedang dalam kondisi kurang bugar.

Sebab, alih-alih mendapatkan manfaat kesehatan, olahraga ketika kondisi tubuh sedang tidak prima justru bisa memberi sejumlah dampak buruk.

"Pastikan kondisi tubuh fit. Kalau malam kurang tidur, jangan memaksa paginya olahraga."

Begitu kata instruktur zumba dan owner Sana Studio Laila Munaf ketika ditemui di Elite Club, Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018) kemarin.

Baca juga: Latihan Intensitas Tinggi ala Strong by Zumba

"Sama juga ketika seharian aktivitas padat, capek banget, jangan paksakan malamnya olahraga yang terlalu berat."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laila menambahkan, ketika tubuh dalam kondisi sangat kelelahan, gerakan yang sangat sederhana sekalipun bisa menaikkan detak jantung menjadi sangat tinggi.

Apalagi, jika orang tersebut sudah bangun sejak subuh dan beraktivitas penuh.

Selain berakibat pada detak jantung, memaksakan olahraga ketika tubuh sedang dalam kondisi tidak bugar bisa meningkatkan risiko cedera.

"Kalau badan tidak fit, otot yang biasanya kuat bisa jadi enggak kuat lalu keseleo-lah, punggung tidak enak, pingsan juga bisa, kurang oksigen ke kepala, jantung mendadak berhenti juga mungkin," tutur dia.

Baca juga: Pria Ikut Zumba, Bakar Kalori hingga Membentuk Tubuh

Menurut dia, hal terpenting adalah memahami kondisi kebugaran tubuh sendiri. Tidak perlu memaksakan diri ketika kondisi tubuh tidak memungkinkan.

Opsi lainnya adalah memilih melakukan aktivitas fisik ringan. Misalnya, jalan kaki atau peregangan sederhana.

"Kita harus tahu dulu saat ini kita mampunya olahraga apa. Kalau olahraga yang cukup melelahkan, jangan dipaksakan," ucap Laila.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.