Kompas.com - 10/12/2018, 09:00 WIB
Salah satu desain sepatu produksi Brygan Foot Wear. KOMPAS.com/RENI SUSANTISalah satu desain sepatu produksi Brygan Foot Wear.

KOMPAS.com - Bagi kamu pencinta sepatu kulit, pernahkah merasa ragu, sepatu kulit yang dikenakan berasal dari kulit asli atau bukan?

Hamzah Naufal Fadhilah (29), pemilik brand sepatu asal Bandung, Brygan Foot Wear, berbagi tips untuk membedakan antara sepatu berkulit asli dan palsu.

“Lihatlah di lapisan pinggir. Kalau bulunya lebih kasar, kemungkinan besar itu kulit asli,” ucap Hamzah kepada Kompas.com, belum lama ini.

Cara lainnya adalah dari bau. Bagi orang yang memiliki penciuman yang bagus, mereka akan bisa membedakan kulit asli dan sintetis.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Sepatu Kulit

“Ada bau khas untuk kulit asli. Sedangkan kulit palsu tidak berbau,” ucap dia.

Namun, karena bahan kulit sepatu dan tas biasanya sudah diolah, mungkin akan lebih sulit untuk membedakannya dari bau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tpis ini, kata Hamzah, hanya berlaku bagi orang-orang tertentu yang memiliki penciuman kuat.

“Cara yang paling sederhana untuk membuktikan kulit asli atau bukan, dengan dibakar,” tutur dia.

Baca juga: Trik Bedakan Sepatu Kulit Murah, Mahal, dan Berkualitas

Jika yang digunakan kulit asli, maka permukaan sepatu ataupun tas tidak akan terbakar. Namun jika terbuat dari bahan sintetis, maka akan mudah terbakar.

Begitu pun jika si pembuat melapisi kulit asli dengan sintetis. Maka yang akan terbakar adalah bagian luarnya saja, atau bidang sintetisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.