Kompas.com - 10/12/2018, 12:00 WIB
Hamzah Naufal Fadhilah (29) memperlihatkan sepatu oxford split toe buatannya. KOMPAS.com/RENI SUSANTIHamzah Naufal Fadhilah (29) memperlihatkan sepatu oxford split toe buatannya.

KOMPAS.com – Pemuda asal Bandung ini bernama Hamzah Naufal Fadhilah (29). Ia adalah anak sulung dari tiga bersaudara.

Ibunya seorang dokter, sedangkan ayahnya pengusaha. Mudah diterka, masa kecilnya dilewati dengan penuh kebahagiaan dalam keluarga.

Hingga suatu hari, cobaan menerpa keluarganya. Sang ayah bangkrut. Penghasilan sang ibu pun hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari.

“Saat itu saya masih duduk di bangku SMA,” begitu kata Hamzah mengawali kisah hidupnya.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Sepatu Kulit

Beruntung, kala itu Hamzah tidak ingin patah semangat. Cita-citanya untuk melanjutkan pendidikan tetap kuat. Hingga dia bertekad untuk mencari biaya kuliah sendiri.

“Orangtua saya membiayai biaya masuk kuliah, sisanya saya harus berjuang sendiri jika ingin berkuliah,” tutur lulusan Institut Teknologi Nasional (Itenas) jurusan Planologi itu.

Untuk membiayai kuliah, ia mengerjakan banyak hal. Mulai dari berjualan kaus, hingga menjadi tukang fotocopy untuk teman-temannya.

Diusir dosen

Selain sepatu, Brygan Foot Wear mengeluarkan produk tas yang juga terbuat dari kulit asli dan semi kulit.KOMPAS.com/RENI SUSANTI Selain sepatu, Brygan Foot Wear mengeluarkan produk tas yang juga terbuat dari kulit asli dan semi kulit.

Pernah suatu hari, ia datang kesiangan ke kampus sambil membawa tas besar berisi barang dagangan. Tas itu terjatuh, dan tepergok oleh dosen. 

"Saya ditanya, itu isinya apa. Lalu saya jawab barang dagangan," ungkap Hamzah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.