Barang yang Sebaiknya Tak Dibeli di Situs Jual-Beli "Online"...

Kompas.com - 12/12/2018, 15:13 WIB
.Getty Images/iStockphoto .

KOMPAS.com – Di era digital seperti sekarang ini, segala sesuatu bisa dilakukan melalui jaringan internet. Seperti membayar tagihan, mencari tiket perjalanan atau penginapan, hingga membeli berbagai macam barang kebutuhan.

Meskipun segala sesuatu bisa didapatkan dengan begitu mudah dengan cara online, namun dengan mempertimbangkan beberapa aspek, terdapat  beberapa barang yang sebaiknya tidak Anda beli melalui online.

Dikutip dari laman situs edukasi komersial How Stuff Works, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Kosmetik

Ilustrasi kosmetikmisuma Ilustrasi kosmetik

Make up atau produk-produk kosmetik, menjadi salah satu produk yang tidak direkomendasikan untuk dibeli secara online. Bukan tanpa alasan, pembelian make up secara online memiliki banyak risiko.

Misalnya ketidakcocokan warna make up dengan kulit, keaslian produk yang belum jelas, dan sebagainya.

Kecuali, Anda pernah membelinya sebelumnya dan produk tersebut sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Membeli make up lebih baik dilakukan dengan mendatangi konter resmi penjualan secara langsung.

Baca juga: Sebelum Transaksi Jual-Beli "Online", Pahami Istilah-istilah Ini...

Dengan begitu, Anda bisa melihat produk make up yang diinginkan dan mengaplikasikannya ke kulit secara langsung dengan menggunakan produk tester. Bila tidak cocok, Anda bisa mencoba produk dengan seri atau merek lain.

Selain itu, Anda juga bisa langsung mengonsultasikannya ke penjaga konter yang sudah dibekali pengetahuan terkait make up. Sehingga ia bisa memberi masukan jenis atau tipe make up yang cocok untuk jenis kulit yang Anda miliki.

Parfum

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Hal lain yang tidak disarankan untuk dibeli secara online adalah parfum. Sama seperti produk kosmetik yang harus dicoba dan disesuaikan dengan kondisi kulit seseorang, parfum juga sebaiknya seperti itu.

Parfum memiliki wangi yang berbeda-beda, mulai dari aroma segar hingga "manis". Aroma itu akan berbeda ketika disemprotkan ke tubuh orang yang berbeda.

Untuk itu, membeli parfum sebaiknya dilakukan secara langsung karena bisa mencobanya terlebih dahulu. Bau parfum ketika disemprotkan ke tubuh akan menyatu dengan bau tubuh seseorang yang akhirnya akan menghasilkan aroma berbeda.

Bisa saja, sebuah jenis parfum memiliki aroma wangi, tetapi tidak pas jika digunakan oleh seseorang yang memiliki kecenderungan bau tubuh tertentu.

Obat-obatan

Ilustrasi obatmegaflopp Ilustrasi obat
Selanjutnya adalah obat-obatan medis yang membutuhkan resep. Hal ini akan sangat membahayakan apabila tetap dilakukan, karena bisa membahayakan kesehatan.

Obat-obatan tertentu membutuhkan resep dari dokter sehingga sangat tidak dianjurkan untuk membelinya secara bebas tanpa resep dari dokter yang bersangkutan.

Membeli obat-obatan medis di pasar online biasanya didasarkan pada pertimbangan harga yang lebih murah dibandingkan dengan menebus obat dari dokter di apotek atau rumah sakit.

Meskipun terdapat apotek online yang dinyatakan resmi sebagai pengedar obat-obatan medis, akan tetapi ada juga penjual yang belum teregistrasi  dan mengedarkan obat-obatan yang sama. Inilah yang harus diwaspadai, sehingga lebih baik membeli obat-obatan melaluin jalur yang pasti.

Baca juga: INFOGRAFIK: Tips Belanja Cerdas Saat Harbolnas 2018...

Barang berukuran besar

Di urutan keempat, barang yang tidak direkomendasikan untuk dibeli secara online adalah benda-benda yang berukuran besar.

Kali ini tidak terkait dengan kualitas dan keaslian barang, namun lebih pada keamanan pengiriman dan antisipasi risiko setelah pembelian.

Pembelian secara online akan dikirimkan melalui jasa ekspedisi, di luar pedagang tempat membeli barang. Hal itu, menyebabkan jika terjadi kerusakan pada barang yang dikirim akan sulit untuk melakukan klaim.

Berbeda apabila membeli secara offline, maka pembelian akan disertai dengan proses pengantaran, instalasi, dan kontak yang jelas untuk garansi produk. Ini tentu jauh lebih menguntungkan.

Produk bermerek ternama

Perbandingan tas asli dan palsu Dior di sebuah MuseumGetty Image Perbandingan tas asli dan palsu Dior di sebuah Museum

Terakhir, adalah membeli produk yang sudah memiliki nama besar, dan menjadi buruan banyak orang. Misalnya di bidang fesyen, mulai dari pakaian, tas, sepatu, dan sebagainya.

Mengapa? Saat ini produk asli dan tiruan sangat sulit dibedakan. Banyak kemiripan yang terdapat di antara keduanya yang jika dilihat dengan mata telanjang tidak akan terlihat perbedaannya.

Untuk itu, membeli produk-produk tersebut dengan mendatangi toko atau situs resminya menjadi opsi yang sangat disarankan. Hal itu untuk menjamin produk yang dibeli asli sesuai dengan keluaran merek tersebut.



Close Ads X