Barang yang Sebaiknya Tak Dibeli di Situs Jual-Beli "Online"...

Kompas.com - 12/12/2018, 15:13 WIB
.Getty Images/iStockphoto .

KOMPAS.com – Di era digital seperti sekarang ini, segala sesuatu bisa dilakukan melalui jaringan internet. Seperti membayar tagihan, mencari tiket perjalanan atau penginapan, hingga membeli berbagai macam barang kebutuhan.

Meskipun segala sesuatu bisa didapatkan dengan begitu mudah dengan cara online, namun dengan mempertimbangkan beberapa aspek, terdapat  beberapa barang yang sebaiknya tidak Anda beli melalui online.

Dikutip dari laman situs edukasi komersial How Stuff Works, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Kosmetik

Ilustrasi kosmetikmisuma Ilustrasi kosmetik

Make up atau produk-produk kosmetik, menjadi salah satu produk yang tidak direkomendasikan untuk dibeli secara online. Bukan tanpa alasan, pembelian make up secara online memiliki banyak risiko.

Misalnya ketidakcocokan warna make up dengan kulit, keaslian produk yang belum jelas, dan sebagainya.

Kecuali, Anda pernah membelinya sebelumnya dan produk tersebut sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Membeli make up lebih baik dilakukan dengan mendatangi konter resmi penjualan secara langsung.

Baca juga: Sebelum Transaksi Jual-Beli "Online", Pahami Istilah-istilah Ini...

Dengan begitu, Anda bisa melihat produk make up yang diinginkan dan mengaplikasikannya ke kulit secara langsung dengan menggunakan produk tester. Bila tidak cocok, Anda bisa mencoba produk dengan seri atau merek lain.

Selain itu, Anda juga bisa langsung mengonsultasikannya ke penjaga konter yang sudah dibekali pengetahuan terkait make up. Sehingga ia bisa memberi masukan jenis atau tipe make up yang cocok untuk jenis kulit yang Anda miliki.

Parfum

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Hal lain yang tidak disarankan untuk dibeli secara online adalah parfum. Sama seperti produk kosmetik yang harus dicoba dan disesuaikan dengan kondisi kulit seseorang, parfum juga sebaiknya seperti itu.

Parfum memiliki wangi yang berbeda-beda, mulai dari aroma segar hingga "manis". Aroma itu akan berbeda ketika disemprotkan ke tubuh orang yang berbeda.

Untuk itu, membeli parfum sebaiknya dilakukan secara langsung karena bisa mencobanya terlebih dahulu. Bau parfum ketika disemprotkan ke tubuh akan menyatu dengan bau tubuh seseorang yang akhirnya akan menghasilkan aroma berbeda.

Halaman:



Close Ads X