Olahraga Intensitas Sedang Dongkrak Vitalitas Seksual Wanita

Kompas.com - 12/12/2018, 21:00 WIB
Ilustrasi pasangan memakai krimWavebreakmedia Ilustrasi pasangan memakai krim

KOMPAS.com - Manfaat olahraga tak hanya terbukti ampuh untuk kesehatan fisik dan mental.

Para ahli juga mengungkap manfaat olahraga dalam peningkatan vitalitas kehidupan seksual.

Riset yang diterbitkan dalam International Society for Sexual Medicine, mengungkap, rutin berolahraga dapat meningkatkan aspek kehidupan seks khususnya pada wanita.

"Peninjauan ulang menegaskan, olahraga meningkatkan gairah genital pada wanita," ucap Amelia M. Stanton, selaku pemimpin riset.

Bahkan, rutin berolahraga juga meningkatan fungsi kardiovaskular, suasana hati, dan citra tubuh.

Para peneliti percaya aktivasi sistem saraf simpatetik yang bertanggung jawab atas respons "fight or flight”, adalah kunci untuk peningkatan gairah genital.

Dalam serangkaian penelitian, periset membuktikan, olahraga sedang atau moderat adalah intensitas yang paling efektif untuk mengaktifkan sistem saraf simpatetik.

“Aktivasi sistem saraf simpatik yang moderat adalah kunci. Terlalu banyak atau terlalu sedikit tampaknya tidak secara signifikan mengubah tingkat gairah genital,” kata Stanton.

Terlalu banyak olahraga, kata Stanton, mengakibatkan aktivasi sistem saraf simpatik terlalu tinggi.

Ini mengakibatkan aliran darah dapat bergeser menjauh dari wilayah genital untuk membantu memulihkan otot-otot yang bekerja.

Disebutkan, olahraga telah terbukti meningkatkan berbagai hormon yang bertanggung jawab atas gairah pada wanita, termasuk estrogen, estradiol, prolaktin, oksitosin, dan testosteron.

Demi memaksimalkan manfaat olahraga tersebut, para peneliti mengklaim, berolahraga sebelum bercinta memiliki dampak terbesar.

Halaman:



Close Ads X