Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2018, 08:01 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan panjang di akhir tahun merupakan momen yang tepat untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Kegiatan yang paling sering dilakukan biasanya makan bersama.

Tak heran jika banyak orang mengeluh kenaikan berat badan seusai libur panjang.

Ahli nutrisi Jansen Ongko, M.Sc, R.D mengatakan, kita tak perlu terlalu khawatir akan mengalami kenaikan berat badan jika mampu mengontrol pola makan.

Kuncinya, tidak makan dalam jumlah berlebihan.

"Eat mindfully. Jangan gragas. Jangan di depan mata ada satu loyang kamu makan setengah loyang," kata Jansen ketika ditemui di acara yang diadakan Re.Juve di Cikupa, Banten, beberapa waktu lalu.

Makan dalam jumlah banyak menurutnya tak menjadi masalah jika hanya dilakukan satu atau dua hari saja. Apalagi, momentum libur panjang seringkali dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

"Seringkali selebrasi, makan-makan. Dimasakin sama nenek, ibu atau keluarga. Masa' enggak makan, kan?" tuturnya.

Ia mengingatkan agar kita tak melupakan olahraga pada waktu libur panjang. Seringkali orang menyalahkan makanan ketika berat badannya naik. Padahal, faktor yang membuat berat badannya naik adalah karena makanan masuk tak diiringi dengan olahraga untuk membakar kalori masuk tersebut.

"Orang tuh paling suka cari 'kambing hitam'. Misal, menganggap karbohidrat, lemak, bikin gemuk padahal dianya saja yang enggak olahraga," kata pendiri Fitness Embassy itu.

"Padahal, buruh kasar makan 3-4 piring tapi enggak gemuk kan," ucap dia.

Melakukan olahraga di sela acara liburan sebenarnya mudah dilakukan. Kita bisa menyisipkan acara jogging di pagi hari atau berjalan kaki minimal 30 menit sehari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com