Waspadai, Stres di Tempat Kerja Pengaruhi Pasangan - Kompas.com

Waspadai, Stres di Tempat Kerja Pengaruhi Pasangan

Kompas.com - 17/12/2018, 07:37 WIB
Ilustrasi stres dan gangguan kecemasantuaindeed Ilustrasi stres dan gangguan kecemasan

KOMPAS.com - Boss atau rekan kerja yang kasar dan tak menyenangkan pasti membuat kita merasa tidak nyaman dalam bekerja bahkan tertekan.

Ternyata, tekanan di tempat kerja yang kita rasakan itu tak hanya berpengaruh pada diri kita. Tapi, juga berefek pada pasangan kita.

Hal ini telah dibuktikan lewat riset yang diterbitkan dalam jurnal Occupational Health Science.

Riset membuktikan, pasangan yang bekerja di bidang yang sama - baik di perusahaan yang sama atau pekerjaan yang sama - akan merasakan dampak dari tempat kerja pasangan.

Efek negatif dari hal tersebut bahkan sampai mengganggu kualitas tidur mereka.

Menurut periset, ketika seseorang mengalami hal yang tidak menyenangkan di tempat kerja, dia cenderung memikirkannya di rumah.

Ini dapat menyebabkan beberapa karyawan mengalami gejala insomnia, yaitu sulit tidur saat malam atau terbangun di tengah malam.

Karyawan yang menderita tekanan dan memiliki pasangan yang bekerja di industri yang sama, biasanya mereka akan mendiskusikan keluhan itu agar mendapatkan dukungan.

Tapi, riset ini mendapati sisi negatif dari diskusi itu. Riset dilakukan dengan meneliti kebiasaan tidur 305 pasangan dalam berbagai pekerjaan.

Hasilnya, perilaku ini dapat menyebabkan menurunnya kualitas tidur pada karyawan dan pasangannya.

Ini terjadi karena sang karyawan mengkhawatirkan pekerjaannya dan yang lain mengkhawatirkan pasangan mereka karena rasa empati.

Charlotte Fritz, selaku pemimpin riset, menjelaskan pasangan dengan "hubungan kerja" memiliki pemahaman yang lebih baik tentang masalah masing-masing.

Inilah mengapa mereka lebih siap untuk mendukung pasangannya yang mengalami tekanan di tempat kerja.

"Mereka mungkin tahu lebih banyak tentang konteks yang mendatangkan tekanan itu dan mungkin lebih tertarik untuk menemukan penyelesaiannya," ucapnya.

Fritz, yang juga menjabat sebagai profesor psikologi industri dan organisasi di Portland State University, mengatakan hal ini memang dapat menciptakan kedekatan yang lebih pada pasangan.

Namun, tekanan ini akan mempengaruhi kebiasaan tidur kedua pihak. Inilah saatnya untuk memikirkan kembali solusinya.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga Ampuh untuk Membebaskan Diri dari Stres

Tapi, Fritz mengatakan tidak membicarakan pekerjaan atau tidak mendukung pasangan bukanlah solusi.

"Mereka dapat berbicara tentang pekerjaan, melampiaskannya, mendiskusikannya, tetapi kemudian mereka harus membuat upaya eksplisit untuk bersantai bersama dan menciptakan kondisi yang baik untuk tidur," ungkap Fritz.

Tekanan di tempat kerja memang sulit dihindari. Untuk itu, Fritz menyarankan agar kita melepaskan diri dari pekerjaan di luar jam kantor.

Hal ini bisa kita lakukan dengan menikmati hobi, menghabiskan waktu bersama teman atau berlatih meditasi.


Terkini Lainnya


Close Ads X