Kompas.com - 17/12/2018, 07:37 WIB
Ilustrasi stres dan gangguan kecemasan tuaindeedIlustrasi stres dan gangguan kecemasan

KOMPAS.com - Boss atau rekan kerja yang kasar dan tak menyenangkan pasti membuat kita merasa tidak nyaman dalam bekerja bahkan tertekan.

Ternyata, tekanan di tempat kerja yang kita rasakan itu tak hanya berpengaruh pada diri kita. Tapi, juga berefek pada pasangan kita.

Hal ini telah dibuktikan lewat riset yang diterbitkan dalam jurnal Occupational Health Science.

Riset membuktikan, pasangan yang bekerja di bidang yang sama - baik di perusahaan yang sama atau pekerjaan yang sama - akan merasakan dampak dari tempat kerja pasangan.

Efek negatif dari hal tersebut bahkan sampai mengganggu kualitas tidur mereka.

Menurut periset, ketika seseorang mengalami hal yang tidak menyenangkan di tempat kerja, dia cenderung memikirkannya di rumah.

Ini dapat menyebabkan beberapa karyawan mengalami gejala insomnia, yaitu sulit tidur saat malam atau terbangun di tengah malam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karyawan yang menderita tekanan dan memiliki pasangan yang bekerja di industri yang sama, biasanya mereka akan mendiskusikan keluhan itu agar mendapatkan dukungan.

Tapi, riset ini mendapati sisi negatif dari diskusi itu. Riset dilakukan dengan meneliti kebiasaan tidur 305 pasangan dalam berbagai pekerjaan.

Hasilnya, perilaku ini dapat menyebabkan menurunnya kualitas tidur pada karyawan dan pasangannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.