9 Faktor yang Mempercepat Penuaan Kulit

Kompas.com - 17/12/2018, 10:43 WIB
Seorang perempuan menggunakan tangannya untuk menahan sinar matahari agar tidak kepanasan di siang hari yang terik SHUTTERSTOCKSeorang perempuan menggunakan tangannya untuk menahan sinar matahari agar tidak kepanasan di siang hari yang terik

KOMPAS.com - Kulit adalah organ terbesar pada tubuh. Maka penting bagi kita untuk melindungi kulit secara maksimal agar kondisinya tetap sehat sehingga penuaan kulit sebelum waktunya tidak terjadi.

Pertanyaannya, apakah tanda-tanda penuaan hanya muncul ketika kita benar-benar menua? Jawabannya adalah tidak.

Tanda-tanda penuaan seperti kerutan wajah, garis halus, bintik hitam, dan lainnya juga bisa muncul di usia muda karena sejumlah faktor.

1. Paparan sinar matahari berlebih

Paparan sinar matahari berlebih bisa memicu munculnya kerutan dan garis halus pada wajah jauh sebelum kita menua.

Namun, hal ini bisa dihindari dengan mengaplikasikan tabir surya pada kulit ketika kita pergi keluar rumah. Idealnya gunakan tabir surya dengan kadar SPF minimal di atas 25.

2. Posisi tidur

Faktor ini mungkin terdengar sedikit aneh, namun postur tubuh ternyata punya peran besar dalam memengaruhi penuan.

Tidur dengan posisi menyamping mungkin terasa nyaman, namun posisi ini juga berpotensi merusak kulit.

Sebab, seluruh berat akan tertumpu pada pipi kita dan kondisi ini bisa menyebabkan kerutan atau garis halus pada kulit. Garis yang salah bisa terjadi karena ada tekanan ketika tidur.

Halaman:


Sumber Boldsky
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X