9 Faktor yang Mempercepat Penuaan Kulit - Kompas.com

9 Faktor yang Mempercepat Penuaan Kulit

Kompas.com - 17/12/2018, 10:43 WIB
Seorang perempuan menggunakan tangannya untuk menahan sinar matahari agar tidak kepanasan di siang hari yang terikSHUTTERSTOCK Seorang perempuan menggunakan tangannya untuk menahan sinar matahari agar tidak kepanasan di siang hari yang terik

KOMPAS.com - Kulit adalah organ terbesar pada tubuh. Maka penting bagi kita untuk melindungi kulit secara maksimal agar kondisinya tetap sehat sehingga penuaan kulit sebelum waktunya tidak terjadi.

Pertanyaannya, apakah tanda-tanda penuaan hanya muncul ketika kita benar-benar menua? Jawabannya adalah tidak.

Tanda-tanda penuaan seperti kerutan wajah, garis halus, bintik hitam, dan lainnya juga bisa muncul di usia muda karena sejumlah faktor.

1. Paparan sinar matahari berlebih

Paparan sinar matahari berlebih bisa memicu munculnya kerutan dan garis halus pada wajah jauh sebelum kita menua.

Namun, hal ini bisa dihindari dengan mengaplikasikan tabir surya pada kulit ketika kita pergi keluar rumah. Idealnya gunakan tabir surya dengan kadar SPF minimal di atas 25.

2. Posisi tidur

Faktor ini mungkin terdengar sedikit aneh, namun postur tubuh ternyata punya peran besar dalam memengaruhi penuan.

Tidur dengan posisi menyamping mungkin terasa nyaman, namun posisi ini juga berpotensi merusak kulit.

Sebab, seluruh berat akan tertumpu pada pipi kita dan kondisi ini bisa menyebabkan kerutan atau garis halus pada kulit. Garis yang salah bisa terjadi karena ada tekanan ketika tidur.

Oleh karena itu, usahakan mengganti posisi tidur lebih sering agar tekanan tidak hanya terjadi pada satu sisi wajah saja.

Baca juga: Jaga Kecantikan dengan Tidur Pakai Sarung Bantal Sutra

3. Merokok dan konsumsi alkohol berlebih

Sejumlah studi membuktikan bahwa merokok berkaitan dengan penuaan dini. Beberapa studi juga menunjukkan adanya keterkaitan yang jelas antara merokok dan kerut wajah.

Sementara kebiasaan minum alkohol bisa menjadi menyebab utama munculnya kerutan dan garis halus secara dini.

Konsumsi alkohol juga bisa menyebabkan penyusutan pembuluh darah dan menurunkan aliran darah ke kulit. Hal ini akan menyebabkan kerutan pada kulit jauh sebelum kita benar-benar menua.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
4. Tidur menggunakan makeup

Tak sedikit orang yang tidur tanpa menghapus makeup di wajahnya karena kelelahan dan ingin segera tidur setelah hari sibuk yang panjang.

Namun, tidur dengan masih menggunakan makeup akan memicu munculnya kerutan dan garis halus serta jerawat pada kulit.

Setidaknya, bersihkan wajahmu dengan tisu basah sebelum pergi tidur setiap harinya.

5. Stres

Stres tidak hanya memberikan dampak utama pada pikiran, tapi juga pada kulit dan mempercepat penuaan.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stres, misalnya melakukan hobi, berkumpul dengan teman yang bisa memberi pengaruh positif, atau mengambil jeda untuk liburan singkat.

6. Kurang tidur

Banyak orang yang tak memiliki cukup tidur karena kesibukan harian yang padat. Padahal, apapun alasannya, tidak cukup tidur bisa memicu munculnya kerutan pada kulit.

Kurang tidur juga bisa memunculkan masalah kulit lain, seperti kantung hitam dan kulit kusam.

Baca juga: Rutin Scrub Wajah Juga Bagian dari Tahapan Skincare

7. Pola makan

Istilah "you are what you eat (kamu adalah apa yang kamu makan)" juga berlaku untuk kulit. Jika kamu menyukai makanan-makanan manis, akan ada dampak negatif yang diterima kulit.

Asupan gula yang terlalu banyak akan menyebabkan glikasi dalam darah merusak kolagen pada pembuluh darah sehingga memunculkan kerutan dan garis halus.

Makan makanan olahan terlalu sering juga bisa berdampak pada kulit.

Oleh karena itu, usahakan mengkonsumsi sayuran segar, buah-buahan kaya vitamin C, minyak zaitun, dan lainnya demi kesehatan kulit.

8. Terlalu banyak olahraga

Aktivitas fisik rutin akan membantu menyehatkan tubuh dan pikiran. Namun, terlalu banyak olahraga juga bisa memiliki dampak buruk, yakni kerusakan sel kulit dan otot yang mengendur. Sehingga, muncul lah kerutan dan garis halus.

9. Kulit yang dehidrasi dan tidak bersih

Usahakan mencuci muka setidaknya dua kali sehari untuk memperlambat penuaan. Kulit juga butuh dihidrasi secara internal, jadi pastikan kamu minum banyak air setiap harinya untuk menjaga kesehatan dan kulit yang indah.


Terkini Lainnya


Close Ads X