Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Makanan Tradisional Ini Punya Manfaat Kesehatan, Apa Saja?

Kompas.com - 19/12/2018, 14:39 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Makanan yang sehat ternyata enggak mahal dan susah didapatkan loh. Semua makanan itu ternyata dekat dengan keseharian. 

Beberapa contoh di antaranya adalah asinan betawi, gado-gado dan kembang tahu. Nah, makanan-makanan tradisional tersebut ternyata memiliki kandungan baik dan manfaat melimpah.

Pakar nutrisi dari Youvit Rachel Olsen mengungkapkan, masing-masing makanan lokal tersebut memiliki manfaat yang tak diduga.

1. Asinan Betawi

Asinan betawi yang sangat berbeda dari asinan Bogor dan lainnya.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Asinan betawi yang sangat berbeda dari asinan Bogor dan lainnya.

Didominasi oleh rasa asam dan segar, makanan khas Jakarta ini terdiri dari sayur-sayuran mentah seperti kol, wortel, selada, tauge timun dan disiram saus kacang asam. 

Menurut Rachel, kandungan vitamin dan mineral dalam panganan tersebut cukup banyak, seperti wortel yang mengandung vitamin A, sayur kol vitamin C, tauge vitamin K, kacang tanah vitamin E dan daun selada vitamin B3.  

“Selain itu, kalau asinan Betawi kan sayurannya tidak direbus sayurannya, nah itu bagus banget untuk kadar asam di dalam tubuh, karena melindungi asam hydrochloric, yaitu asam dalam lambung yang berfungsi mencerna makanan,” kata Rachel, di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

  1. Gado-gado

Gado-Gado di jalan Karet Pasar Baru, tepatnya di sebelah Mal Citiwalk, Sudirman, Jakarta.Kompas.com/Silvita Agmasari Gado-Gado di jalan Karet Pasar Baru, tepatnya di sebelah Mal Citiwalk, Sudirman, Jakarta.

Kalau makanan ini pasti enggak asing lagi. Gado-gado boleh dibilang paling mudah ditemukan, dan biasanya paling pas disantap saat siang hari. 

Gado-gado yang terdiri dari ragam sayuran memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin K pada kacang panjang, vitamin B kompleks pada jagung, kalsium pada tempe, zinc pada tofu, zat besi pada kangkung dan vitamin E pada kacang. 

“Gado-gado bagus untuk sistem pencernaan tubuh, karena tinggi serat. Jika kita makan, serat bisa mengikat air, kolestrol, sehingga bisa mendorong semua sisa makanan yang terkumpul di di usus,” kata Rachel.

  1. Kembang tahu

Kembang Tahu Blueberry OreoKompas.com/Ersianty Peginusa Wardhani Kembang Tahu Blueberry Oreo

Nah, makanan ini terakhir lebih tepat sebagai camilan. Makanan tradisional yang biasa dijual oleh secara keliling ini ternyata memiliki manfaat di balik kesederhanaannya.

Kembang tahu, kata Rachel, mengandung zat mangan dan antioksidan serta antipasmodic pada air jahenya. 

“Manfaat dari kembang tahu itu untuk relaksasi otot dan organ tubuh, serta mengeluarkan asam laktat dalam tubuh,” ujar Rachel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com