Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Destinasi Liburan yang Paling Diperbincangkan di Medsos

Kompas.com - 19/12/2018, 15:17 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Libur akhir tahun menjadi agenda rutin kebanyakan orang, baik bersama teman atau keluarga.

Nah, hal ini pun tak luput jadi bahan perbincangan di media sosial.  Pemantauan media sosial oleh perusahaan media intelligence Isentia menemukan total 2.322 buzz terkait liburan akhir tahun.

Hampir setengah dari perbincangan tersebut, yakni sebesar 48 persen berlangsung di Twitter, diikuti oleh Instagram 37 persen, Facebook 12 persen, serta di blog dan forum 3 persen.
 
“Dari pemantauan ini, kami menemukan bahwa ternyata netizen sudah mulai memperbincangkan seputar liburan akhir tahun sejak bulan Juli,” ujar Insight Manager Isentia Indonesia, Rendy Ezra dalam keterangan kepada Kompas.com, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Untuk destinasi liburan domestik, Bali menjadi pilihan yang paling banyak diperbincangkan netizen, yaitu 52,5 persen dari total buzz, disusul Bandung sebanyak 12,2 persen, Lombok 8,9 persen, Yogyakarta 7,4 persen dan Lampung 2,7 persen.
 
Sementara untuk lima destinasi internasional yang paling diperbincangkan, Singapura berada dalam urutan negara tujuan teratas dengan jumlah 108 buzz, dilanjutkan Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan Korea Selatan, masing-masing sebanyak 64 buzz, 59 buzz, 53 buzz dan 51 buzz.

 
Tercatat volume buzz tertinggi terjadi pada tanggal 7 Desember 2018, di mana berbagai brand sudah memulai mempromosikan program atau campaign Natal dan akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com