Dikira Sayur, Buah Ini Memiliki Banyak Manfaat

Kompas.com - 20/12/2018, 07:17 WIB
Ilustrasi tomat. SHUTTERSTOCKIlustrasi tomat.

KOMPAS.com - Termasuk dalam buah, tomat sering disangka dalam kategori sayur mayur. Buah berwarna oranye atau merah ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Seperti menjadi pelengkap masakan, dapat diolah menjadi saus, minuman segar dan dapat digunakan untuk bahan alami dalam kecantikan.

Begitu pula dengan kandungan-kandungan yang dimiliki. Begitu beraneka ragam kandungan yang dimiliki buah ini memberikan nilai tambah untuk buah tomat ini.  Setiap kandungan dalam tomat memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh.

Berikut 5 manfaat buah tomat untuk tubuh:

1. Mencegah kanker
Memiliki kandungan antioksidan alami seperti likopen, karotenoid, dan polifenol, tomat mampu membantu mencegah kerusakan DNA di dalam sel akibat radikal bebas penyebab kanker. Buah tomat yang dimasak juga efektif menekan risiko kanker prostat.

2. Meningkatkan penglihatan mata
Sebagai sumber vitamin A yang baik, tomat dapat memberikan sekitar 10-20 persen dari kebutuhan vitamin A sehari. Kandungan beta karoten dan vitamin A yang dimiliki oleh tomat mampu untuk mendukung kesehatan organ retina.

Nutrisi lainnya dalam melindungi kesehatan mata ialah lutein, zeaxanthin, dan karotenoid. Ketiga nutrisi ini dapat membantu dalam mengurangi gejala mata lelah dan mengurangi risiko penyakit degenerasi makula atau penyakit mata terkait penuaan.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Tomat

3. Menjaga kesehatan jantung dan pembulu darah
Selain untuk mencegah kanker, kandungan antioksidan likopen juga dapat menjaga kesehatan jantung. Riset menyebut likopen mampu menjaga kesehatan jantung karena menjaga tekanan darah tetap stabil.

Tomat mengandung kolin, potassium, serat dan vitamin C membantu meningkatkan fungsi jantung Anda. Asupan kalium yang tinggi efektif dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Inilah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari buah tomat.

4. Mengurangi kadar minyak pada wajah
Selain kesehatan, buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk wajah. Kadar minyak berlebihan dapat menimbulkan jerawat pada wajah.

Saran penggunaannya, tomat yang dicampur dengan timun kemudian blender hingga halus. Aplikasikan pada wajah selama 30 menit. Bilas dengan air dingin agar muka lebih segar.

Baca juga: 5 Kandungan Skin Care yang Bikin Kulit Makin Berminyak

5. Mengecilkan pori-pori wajah
Untuk menyamarkan atau mengecilkan pori-pori wajah, Anda dapat menggunakan tomat sebagai salah satu senjata mengecilkan pori-pori.

kompres wajah yang telah dibersihkan dengan menggunakan handuk hangat agar pori-pori terbuka dan mudah dibersihkan. Lalu, celupkan kapas pada jus tomat dan oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar selama 10 menit. Bilas dengan air dingin.

Artikel ini merupakan kerjasama Kompas.com dengan Honestbee



Sumber Honestbee

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X