Kompas.com - 20/12/2018, 11:59 WIB
Ilustrasi menstruasi Ru_FotoIlustrasi menstruasi

KOMPAS.com - Bagi para perempuan, nyeri saat haid memang terasa tidak nyaman, apalagi jika dirasakan saat sedang melakukan banyak aktivitas.

Beberapa alternatif guna meredakan nyeri pun dilakoni, seperti berbaring di tempat tidur, minum jamu dan obat anti-nyeri haid.

Kompas.com mencoba menelusuri dari beberapa keluhan yang sering dialami perempuan ketika datang bulan.

Berikut lima fakta mengenai haid yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Datangnya nyeri

Nyeri haid atau dalam istilah medis dikenal dengan sebutan dismenore ini menggangu aktivitas perempuan. Untuk meredakan nyeri perut, kebanyakan perempuan memilih untuk merebahkan badan di tempat tidur dan tidak memilih mengonsumsi obat anti nyeri.

Namun, jika nyeri yang dirasakan sudah menyiksa, tidak salah juga untuk mengonsumsi obat anti-nyeri, seperti ibuprofen untuk meredakannya.

"Nyeri haid biasa dapat dirasakan sejak dua minggu sebelum datangnya haid. Sewajarnya intensitas nyeri paling tinggi di hari pertama dan kedua menjelang haid sampai hari pertama dan kedua setelah haid," ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr. Dinda Derdameisya saat dihubungi, Kamis (20/12/2018)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penyebab Durasi Haid Jadi Singkat

Menurut dia, penggunaan obat anti nyeri bisa dikonsumsi sekitar tiga hari sebelum haid sampai dengan dua hari saat haid.

"Ketika mengonsumsi obat anti nyeri ini timbul efek samping yang paling sering terjadi, yakni timbul maag," ujar dr Dinda.

Opsi lain untuk redakan nyeri haid, yakni lakukan olahraga rutin, mengompres perut dengan air hangat, minum teh chamomile, makan makanan yang mengandung vitamin D, dan akupuntur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.