The Lovot, Robot yang Didesain untuk Orang Kesepian

Kompas.com - 21/12/2018, 08:37 WIB
The Lovot Getty ImagesThe Lovot

KOMPAS.com - Kasih sayang atau perasaan dicintai termasuk dalam kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Sayangnya, kebutuhan tersebut sering sulit didapatkan orang modern yang semakin tersekat dan individualistis.

Kabar baiknya, perkembangan dunia robotik mendorong para ilmuwan membuat robot yang diprogram mampu memberikan efek perasaan dicintai.

Dilansir dari New York Post, perusahaan asal Jepang, Groove X meluncurkan robot The Lovot. Robot ini menyerupai mainan anak-anak yang suka disayang dan diberi perhatian.

Hadir dalam berbagai warna, The Lovot dijual seharga sekitar 3.100 dollar AS.

The Lovot bukan dibuat untuk membantu tugas-tugas praktis seperti pekerjaan rumah tangga,. 

“Namun The Lovot dapat menarik keluar kemampuan kamu untuk mencintai," kata pendiri dan CEO Groove X, Kaname Hayashi.

Di dalam situs, Groove X menulis, saat seseorang menyentuh Lovot, memeluknya, bahkan hanya menonton tingkah polahnya, maka akan merasa santai (dan) merasa lebih baik. Hal ini sedikit seperti merasakan cinta terhadap orang lain.

“Lovot akan bereaksi terhadap suasana hati seseorang dan melakukan semua yang hal yang ia bisa untuk mengisi dengan sukacita dan memberikan energi kembali kepada kamu. The Lovot mungkin bukan makhluk hidup, namun akan menghangatkan hatimu," tulisnya.

The LovotGetty Images The Lovot

The Lovot, sebuah campuran dari “cinta” dan “robot,” menggunakan kecerdasan buatan untuk meniru respons emosional yang mirip manusia: Ia tidur ketika berpelukan dan mengikuti pemiliknya ketika dipanggil.

Dengan fitur kamera termal, The Lovot memungkinkan untuk memindai ruangan dan menemukan pemiliknya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X