Kompas.com - 22/12/2018, 11:22 WIB

KOMPAS.com - Saat ini banyak perempuan modern yang tetap mempertahankan kariernya walau sudah berkeluarga dan menjadi ibu. Tidak mudah memang menjalani peran ganda, tapi itu bukan hal yang mustahil.

Menjadi ibu yang bekerja penuh waktu dapat menyebabkan perasaan bersalah dan stres, lantaran perhatiannya terbagi antara pekerjaan dan keluarga.

Namun, kuncinya adalah fokus pada rencana, terorganisir, dan menemukan keseimbangan yang tepat antara karier dan tugas sebagai orangtua. 

Berikut 10 cara untuk membantu memastikan karir dan keluarga berkembang.

1. Hilangkan perasaan bersalah

Daripada terus merasa bersalah karena tidak bisa bersama anak, lebih baik pikirkan tentang peran di perusahaan yang dapat menguntungkan keluarga. 

Misalnya saja menyekolahkan anak di sekolah terbaik hingga menyisihkan uang untuk tabungan kuliah. 

“Banyak perempuan karier sukses dengan menemukan menyeimbangkan keduanya (pekerjaan dan keluarga)—dan itu membutuhkan kemampuan untuk mencapai pilihan, termasuk fokus pada prioritas yang ada saat ini," kata Lisa Pierson Weinberger, seorang pengacara dan pendiri law practice Mom, Esq.

Terimalah bahwa akan ada hari-hari yang baik dan buruk. Namun, ibu harus tahu, bahwa mereka tidak sendirian dan bebas mendiskusikan perasaan dengan suami atau sahabat.

Baca juga: Tips Manajemen ASI untuk Ibu Bekerja

2. Sistem pendukung

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Parents


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.