Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Paling Banyak Dicari di Google Tahun 2018

Kompas.com - 22/12/2018, 14:08 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Google semakin mengukuhkan diri sebagai mesin pencari utama pengguna internet. Setiap tahun, Google juga merilis pencarian terpopuler sepanjang tahun.

Pada tahun 2018, pencarian tertinggi ternyata terkait dengan sepakbola, yaitu Piala Dunia. Daftar 5 besar Year in Search 2018 Google meliputi:

1. Piala Dunia 2018
Pesta sepak bola dunia menjadi topik yang paling dicari oleh penduduk di seluruh dunia selama tahun 2018. Acara yang dimulai pada 14 Juni di Rusia tersebut mulai mengalami lonjakan pencarian sejak 3 Juni.

Lonjakan sangat tinggi terhadap kompetisi ini terjadi pada tanggal 24-30 juni 2018. Pada tanggal tersebut, ke-32 negara yang berpartisipasi sedang berada di penentuan menuju babak 16 besar.

2. Avicii
Kematian penyanyi Tim Bergling atau yang dikenal dengan Avicii menjadi topik terbanyak kedua yang paling banyak dicari di Google. Penyanyi, Disk Jockey (DJ), sekaligus produser asal Swedia itu meninggal pada 20 April lalu. Pria 28 tahun itu ditemukan tak bernyawa di Muscat, Oman.
    
Kabar tersebut rupanya mengejutkan dunia dan menjadi yang paling dicari mulai dari 15 hingga 21 april. Swedia menjadi negara yang paling banyak mencari informasi tentang kematian pencipta lagu “Wake Me Up” tersebut.

Baca juga: Pihak Keluarga Disebut Isyaratkan DJ Avicii Meninggal karena Bunuh Diri

3. Mac Miller
Kabar kematian Mac Miller, rapper asal Amerika menjadi topik ketiga yang paling banyak dicari tahun ini. Ia diduga akibat keracunan zat fentanyl dan kokain pada 7 September. Miller ditemukan di rumahnya di California, Los Angeles, Amerika Serikat.
    
Pencarian kabar tersebut paling banyak dicari antara tanggal 2 hinggal 8 september. Negara yang paling banyak mencari hal tersebut adalah Amerika Serikat.

4. Stan Lee
Meninggalnya pendiri Marvel Comics, Stan Lee menjadi topik keempat terbanyak yang dicari di Google tahun ini. Pria kelahiran 22 Desember 1922 ini meninggal di usia 95 tahun karena infeksi paru-paru.

Kabar kematiannya pada tanggal 12 November 2018 menjadi yang paling dicari diantara 11 hingga 17 November. Costa Rica menjadi negara yang paling banyak mencari berita kematian pria berusia 95 tahun ini.

Baca juga: INFOGRAFIK: Sejumlah Fakta Unik tentang Stan Lee, Si Bapak Marvel

5. Black Panther
Black Panther, film yang diproduseri oleh Kevin Falge menjadi topik kelima yang paling dicari di Google. Rilis pada tanggal 16 Februari di Inggris, film yang diproduksi oleh Marvel Studios ini diperkirakan telah meraih untung sebanyak Rp 13,7 Triliun di hari ke-26 setelah peluncurannya.
    
Statistik Goole Trends menunjukkan bahwa dunia mencari film mulai dari 4 sampai 10 Februari. Puncaknya terjadi pada 18 sampai 24 Februari.

Trinidad dan Tobago, tanah air Winston Duke, pemeran M’Baku menjadi negara yang sangat menaruh perhatian pada film ini.

Penulis: Aldo Christian Sitanggang
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com