Hidangan Khas Natal keluarga Kerajaan Inggris

Kompas.com - 24/12/2018, 08:40 WIB
Raja Belanda Willem-Alexander (dua dari kiri) dan Ratu Maxima (kiri) bersama Ratu Elizabeth II (tengah) Inggris, Pangeran Charles dan Camilla (kanan), di Istana Buckingham di London, Inggris, Selasa (23/10/2018). (AFP/POOL/Peter Nicholls) Raja Belanda Willem-Alexander (dua dari kiri) dan Ratu Maxima (kiri) bersama Ratu Elizabeth II (tengah) Inggris, Pangeran Charles dan Camilla (kanan), di Istana Buckingham di London, Inggris, Selasa (23/10/2018). (AFP/POOL/Peter Nicholls)

 

KOMPAS.com - Seperti keluarga pada umumnya, anggota keluarga Kerajaan Inggris juga punya tradisi makan bersama pada acara Natal.

Menurut chef kerajaan, Darren McGrady, hidangan yang disajikan ternyata tak pernah berganti.

McGrady telah menjadi chef dari tahun 1982 hingga 1998. Ia merancang dan mengolah menu sehari-hari dan melayani acara resmi di istana.

Menurut McGrady, ratu dan keluarganya punya tradisi sarapan bersama sebelum pergi ke gereja.

Sepulah ibadah dari gereja, mereka makan siang dengan salad dan udang atau lobster, serta kalkun panggang.

Semua hidangan tradisional berupa umbi-umbian, wortel, kecambah Brussels dan puding Natal dengan mentega brendi dihadangkan sebagai pencuci mulut menu makan siang.

Setelah Ratu Elizabeth memberikan wejangan, tepatnya jam 3 sore, biasanya keluarga kerajaan akan menikmati teh sore beserta kue buah.

Baca juga: Biaya Hidup Keluarga Kerajaan Inggris Ditanggung Pajak Rakyat?

Untuk pesta Natal kerajaan, biasanya akan disajikan menu makan malam yang mencakup 15 hingga 20 menu berbeda.

Hidangan itu menampilkan berbagai daging panggang yang ditata rapi tepat di meja, misalnya iga panggang, kalkun, ham.

Selain itu, menu makan malam juga disajikan hidangan laut, sayuran yang dimasak, kue jahe, puding yang disajikan dengan mentega brendi, dan minuman khusus seperti brendi ceri dan fermentasi buah apel.

Menurut McGrady, menu favorit anggota Kerajaan Inggris yang selalu tersaji saat Natal antara lain:

- Udang pot: udang cincang yang dimasak dengan mentega, dibumbui, dan dimasak disajikan pada titik roti bakar.iolah dengan cara dipanggang.

- Beef Bourguignon: ini sebenarnya bisa dibuat dengan daging rusa juga. Tapi, Ratu Elizabeth II kadang-kadang meminta koki kerajaan dengan daging yang ia inginkan.

- Abon kubis kecambah dengan bawang dan bacon: menu ini dimasak tanpa bawang putih karena bawang putih adalah salah satu dari makanan yang tak dikonsumsi Sang Ratu.

- Bubble and squeak: hidangan tradisional Inggris dari kentang tumbuk dicampur dengan kubis cincang. McGrady biasanya menambahkan sayuran hijau.

- Date apple pastry: makanan penutup berupa kue panggang sederhana yang dibuat dengan kurma dan apel digulung dalam adonan.




Close Ads X