Kompas.com - 24/12/2018, 12:09 WIB
Sejumlah villa yang porak poranda diterjang tsunami di Pantai Carita, Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018). Informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) data terkini korban hingga pukul 16.00 WIB, yaitu 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka dan 28 orang belum ditemukan. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELISejumlah villa yang porak poranda diterjang tsunami di Pantai Carita, Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018). Informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) data terkini korban hingga pukul 16.00 WIB, yaitu 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka dan 28 orang belum ditemukan.

KOMPAS.com - Salah satu bantuan yang paling dibutuhkan pada korban bencana adalah pemulihan anak-anak dari trauma.

Bencana memiliki dampak fisik dan psikologis pada anak, namun penelitian menunjukkan dampak psikologis cenderung lebih dirasakan anak. Untuk itu diperlukan perlakuan khusus.

Situs resmi Center of Disease Control and Prevention (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) Amerika Serikat menuliskan beberapa hal yang harus dilakukan untuk membantu anak korban bencana alam.

Selama bencana berlangsung

- Bersikaplah tenang dan cobalah bantu anak-anak di sekitar untuk tetap tenang.

- Bicaralah pada anak tersebut dan jelaskan mengenai bencana yang sedang terjadi agar mereka memahaminya. Buatlah penjelasan tersebut sesederhana mungkin dan jelaskan sesuai dengan usia mereka.

Setelah bencana berlangsung

- Sediakanlah waktu ngobrol bersama anak tersebut. Berikan mereka kesempatan untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya atau apa yang mereka pikirkan. Ajukanlah pertanyaan penting dan biarkanlah mereka berbagi apa yang menjadi perhatian mereka.

-Bantu anak menata perasaannya dan melakukan aksi terkait dengan bencana yang dialami. Misalnya, membantu anggota keluarga lain atau orang-orang lainnya yang terdampak bencana.

Sebaiknya anak tidak diikutsertakan dalam pembersihan daerah terdampak bencana untuk alasan keamanan dan kesehatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X