Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2018, 16:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2018 mungkin menjadi tahun yang menguntungkan bagi brand-brand lokal karena cukup banyak yang di-endorse oleh Presiden Joko Widodo.

Dimulai sejak perayaan Sumpah Pemuda 2017, kemudian berlanjut sampai sepanjang tahun 2018, Jokowi cukup konsisten untuk mengenakan produk-produk lokal.

Dalam catatan Kompas.com, ada delapan brand lokal yang dipakai Jokowi. Menariknya, sebagian besar brand tersebut langsung melejit di pasar setelah dikenakan Jokowi.

Berikut deretan label busana lokal yang dipakai Jokowi sepanjang 2018.

1. Saint Barkley

Presiden RI Joko Widodo membeli sepatu merek Saint Barkley di Jakarta Sneaker Day 2018.Dokumentasi Ami Muhammad. Presiden RI Joko Widodo membeli sepatu merek Saint Barkley di Jakarta Sneaker Day 2018.

Sneakers asal Bandung ini boleh dibilang salah satu pionir produk lokal yang tersorot dipakai Jokowi. Saint Barkley ketiban untung "efek Jokowi" setelah dibeli oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Momen pertemuan tersebut saat Jakarta Sneakers Day 2018, yang akhirnya bikin nama Saint Barkley melambung. Jokowi juga sempat beberapa kali mengenakan sneakers tersebut. 

2. NAH

.INSTAGRAM @NAH.Project .

Sneakers lokal lain yang juga menjadi sorotan setelah dipakai Jokowi adalah NAH. Perkenalan Jokowi dengan NAH terjadi menjelang Asian Games 2018. 

Kala itu Jokowi memesan sepatu NAH untuk dikenakan selama perhelatan olahraga terbesar di Asia tersebut. Setelah itu, NAH pun langsung menggebrak pasar dan membuatnya sebagai salah satu sepatu lokal yang diperhitungkan.

Baca juga: Cerita Jokowi Pakai Sneaker Bandung NAH Project, Seharga Rp 415 Ribu

3. Bro.do

Presiden Joko Widodo kembali menunggangi motor Kawasaki w175 miliknya yang berwarna hijau. Kali ini, Jokowi melakukan touring singkat di Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/10/2018). KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo kembali menunggangi motor Kawasaki w175 miliknya yang berwarna hijau. Kali ini, Jokowi melakukan touring singkat di Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/10/2018).
Kendati sudah punya nama, label sepatu asal Bandung ini baru belakangan dipakai Jokowi. Mantan Wali Kota Solo tersebut mengenakan koleksi Bro.do—Kruzr—ketika tengah menunggangi sepeda motor di Bandung pada November kemarin. 

Kruzr merupakan tipe sneakers riding yang membuat Jokowi langsung suka.

Sepatu ini diklaim tahan lama dan menggunakan material yang membuat kaki bisa bernafas dengan nyaman serta dilengkapi ankle padding atau bantalan tumit.

Baca juga: Kruzr, Sneakers Riding yang Dipakai Jokowi Momotoran Di Bandung

4. Never Too Lavish

Presiden Joko Widodo mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 cc saat kunjungan kerja di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018). Terlihat di belakang ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ikut mendampingi.ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI Presiden Joko Widodo mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 cc saat kunjungan kerja di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018). Terlihat di belakang ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ikut mendampingi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com