4 Trik Menjawab Pertanyaan "Mengapa Masih Jomblo?"

Kompas.com - 28/12/2018, 09:37 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pertanyaan basa-basi seperti "mengapa masih jomblo" atau "kapan menikah" memang sulit dijawab dan tentunya bikin kesal.

Terutama jika yang mengajukannya adalah kerabat dekat dan usia kita sudah memasuki usia krusial untuk menikah.

Jangan sampai kegembiraanmu saat kumpul keluarga jadi berkurang hanya gara-gara pertanyaan tersebut.

Berikut empat trik menjawab pertanyaan tentang hubungan dari orang-orang terdekat.

1. Tanya balik

Jika ada yang bertanya terlalu "menyerang", kamu bisa balik bertanya kepada orang tersebut. Jika kamu merasa pertanyaan "kenapa masih jomblo" terlalu ofensif dan kasar bagimu, kamu bisa membalikannya.

Konsultan pasangan dan penulis Blueprint for a Lasting Marriage: How to Create Your Happily Ever After With More Intention, Less Work, Lesli Doares mengatakan, orang-orang yang terlalu ingin tahu memang ada di sekitar mereka.

Namun, hanya karena mereka ingin tahu, kita tidak wajib menjawabnya dengan informasi yang mereka butuhkan.

Kebanyakan orang akan memberi jawaban. Namun, jika kamu meyakini bahwa orang bertanya padamu hanya untuk membuatmu kesal, maka kamu bisa membalasnya.

Pimpinan pelatihan komunikasi dan penulis buku Speak From Within: Engage, Inspire, and Motivate Any Audience, Izolda menyarankan untuk mengajukan balik sebuah pertanyaan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X