Kompas.com - 29/12/2018, 11:04 WIB

KOMPAS.com - Liburan pergantian tahun memang dinanti. Namun, tak sedikit yang merasa sedih karena harus menghabiskan momentum ini sendirian di rumah tanpa orang terdekat.

Meski begitu, jangan biarkan perasaan sedih mendominasi. Ada beberapa hal yang perlu kamu sadari agar status tanpa pasangan tak merusak mood.


Nah, kini kamu tak perlu merasa bosan atau kesepian karena tips berikut akan membantumu melewati pergantian tahun baru dengan rasa bahagia mesti hanya sendirian, seperti dilansir dari verywellmind.com (https://www.verywellmind.com/how-do-i-cope-when-i-am-alone-on-new-years-eve-3024303) :

1. Sendirian hanya sementara

Sendirian pada malam tahun baru tidak berarti kamu akan kesepian pula pada tahun-tahun berikutnya. Tapi, jika kamu merasakan kegelisahan sosial karena tak punya pasangan, kamu mungkin butuh bantuan profesional atau dukungan kelompok tertentu untuk menghilangkan rasa kesepian.

2. Merefleksikan tahun yang telah lalu

Jika bingung akan melakukan apa di malam tahun baru, kamu bisa melakukan refleksi diri atas apa yang sudah kamu lakukan setahun penuh.

Kamu juga bisa mempelajari kembali kemajuan apa yang kamu sudah lakukan agar semangat dan optimisme kembali hadir.

Jangan lupa untuk mengapresiasi kesuksesan dan pencapaian besar maupun kecil yang sudah kamu lakukan.

Baca juga: 7 Kota di Indonesia dengan Perayaan Tahun Baru Paling Meriah

3. Berpikiran positif

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.