Cegah Bolos, Sekolah di China Taruh Alat Pelacak pada Seragam Siswanya

Kompas.com - 30/12/2018, 17:52 WIB
Ilustrasi siswa di sekolah VCG/VCG VIA GETTY IMAGESIlustrasi siswa di sekolah

KOMPAS.com - Untuk meningkatkan kehadiran para siswa di sekolah, beberapa sekolah di China memanfaatkan teknologi.

Dilansir dari Hypebast, lebih dari 10 sekolah di di daerah otonomi Guangxi Zhuang Autonomous Region dan provinsi Guizhou barat daya, China, memberikan "seragam cerdas" kepada siswa.

Seragam yang dibuat oleh Guanyu Technology tersebut berupa dua chip yang melacak siswa yang pergi dan memasuki halaman sekolah, serta mengirimkan informasi secara otomatis ke orangtua dan sekolah.

Jika seorang siswa meninggalkan sekolah tanpa izin, maka otomatis akan memberikan peringatan bahwa mereka bolos sekolah.

Sementara itu, jika anak-anak melakukan sesuatu yang curang, seperti menukar seragam, teknologi pengenalan wajah pakaian akan tahu dan memberikan peringatan.

 

Pintu masuk sekolah juga memanfaatkan pengenalan wajah. Chip dalam seragam dapat bertahan hingga 500 kali pencucian dan suhu 150 derajat celcius, dan lebih tinggi.

Seragam tersebut sudah diperkenalkan secara diam-diam pada tahun 2016, dan tingkat kehadiran meningkat menurut kepala sekolah Lin Zongwu.

Kendati teknologi itu bisa digunakan oleh sekolah untuk melacak siswa sepulang sekolah, Lin memilih untuk tidak melakukannya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Hypebeast
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X