Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Bolos, Sekolah di China Taruh Alat Pelacak pada Seragam Siswanya

Kompas.com - 30/12/2018, 17:52 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Untuk meningkatkan kehadiran para siswa di sekolah, beberapa sekolah di China memanfaatkan teknologi.

Dilansir dari Hypebast, lebih dari 10 sekolah di di daerah otonomi Guangxi Zhuang Autonomous Region dan provinsi Guizhou barat daya, China, memberikan "seragam cerdas" kepada siswa.

Seragam yang dibuat oleh Guanyu Technology tersebut berupa dua chip yang melacak siswa yang pergi dan memasuki halaman sekolah, serta mengirimkan informasi secara otomatis ke orangtua dan sekolah.

Jika seorang siswa meninggalkan sekolah tanpa izin, maka otomatis akan memberikan peringatan bahwa mereka bolos sekolah.

Sementara itu, jika anak-anak melakukan sesuatu yang curang, seperti menukar seragam, teknologi pengenalan wajah pakaian akan tahu dan memberikan peringatan.

 

Pintu masuk sekolah juga memanfaatkan pengenalan wajah. Chip dalam seragam dapat bertahan hingga 500 kali pencucian dan suhu 150 derajat celcius, dan lebih tinggi.

Seragam tersebut sudah diperkenalkan secara diam-diam pada tahun 2016, dan tingkat kehadiran meningkat menurut kepala sekolah Lin Zongwu.

Kendati teknologi itu bisa digunakan oleh sekolah untuk melacak siswa sepulang sekolah, Lin memilih untuk tidak melakukannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com