Kompas.com - 31/12/2018, 12:14 WIB

KOMPAS.com - Hampir semua lokasi perayaan tahun baru di dunia memiliki tradisi pesta kembang api. Momen tahunan ini tentu sayang jika kita lewatkan begitu saja tanpa diabadikan.

Banyak yang menganggap foto kembang api yang sempurna tak bisa dihasilkan dari kamera ponsel. Padahal, dengan pengaturan yang tepat, kamera ponsel juga bisa menghasilkan foto kembang api yang cantik dan tajam.

Nah, berikut tips sederhananya:

1. Pastikan lensa kamera bersih. Sebaiknya gunakan kain mikrofiber untuk membersihkannya, bukan tisu apalagi ujung kaus.

2. Temukan posisi yang memungkinkan ponselmu tersandar dengan stabil. Pada malam tahun baru, banyak orang mengabadikan gambar sambil memegang gelas minuman atau makanan. Kondisi ini membuat ponsel kurang stabil.

Kamu bisa menggunakan meja atau benda solid lainnya untuk ponselmu bersandar. Lebih baik jika kamu menggunakan tripod. Saat ini ada beragam jenis dan ukuran tripod yang bisa kamu pilih.

3. Tanganmu juga harus cekatan bergerak untuk menekan layar ketika kembang api akan meledak di atas langit. Sebelum meledak, kamu sudah harus bersiap ketika kembang api baru meluncur ke atas.

Baca juga: Kok Bisa Kembang Api Meledak dengan Warna Cantik?

4. Tentukan sejak awal kamu ingin mengambil gambar atau video. Sebab, pada beberapa ponsel tombol gambar dan video berbeda. Foto-foto yang dihasilkan dari pengaturan otomatis juga seringkali tidak sebagus jika kamh mengaturnya secara manual.

5. Ketika mengambil video, pertimbangkan untuk merekamnya dengan fitur slow motion atau time lapse. Hasil video akan lebih sempurna jika kamu menggunakan tripod.

6. Pada kebanyakan ponsel pintar, kita bisa mengubah angka exposure yang akan menghasilkan tampilan gambar yang berbeda pula. Jangan lupa untuk mengaturnya sesuai pencahayaan setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.