Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lintasi Zona Waktu, Tahun Baru Bisa Dirayakan Dua Kali dalam Sehari

Kompas.com - 01/01/2019, 08:51 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setiap tempat di muka bumi memiliki satu hari yang terdiri dari 24 jam, tanpa pengulangan. Itu berarti, dalam sehari, pukul 00.01 hanya terjadi sekali.

Pada 1 Januari pukul 00.01, saat itulah pergantian tahun terjadi. Dengan begitu, setiap wilayah di satu zona waktu hanya akan mengalami satu kali tahun baru.

Namun, bagi Anda yang ingin menikmati perayaan tahun baru dua kali dalam hitungan satu hari, hal itu masih mungkin saja untuk dilakukan.

Selama Anda rela mengeluarkan biaya besar untuk menyewa pesawat jet pribadi untuk mengudara melawan zona waktu yang berlaku.

Dikutip dari Independent, pengalaman tak biasa ini bisa didapatkan dengan menyewa jet pribadi The Gulfstream G650ER. Pesawat dengan kecepatan 0,9 Macht (1111,23 km/jam) ini merupakan satu-satunya moda transportasi yang memungkinkan Anda ada di dua tempat dengan zona waktu, bahkan hari yang berbeda.

Bersiaplah untuk merayakan pesta tahun baru di Sydney yang dimulai pada pukul 20.00 malam 31 Desember 2018, waktu setempat.

Nikmatilah kemeriahannya hingga larut, namun batasi waktu yang ada. Sebab, pada pukul 02.00 dini hari keesokan harinya, 1 Januari 2019, Anda harus terbang ke Los Angeles untuk bisa merayakan dua kali tahun baru dalam sehari.

Baca juga: Wilayah Paling Awal dan Paling Akhir di Dunia yang Rayakan Tahun Baru

Perjalanan ini memakan waktu sembilan jam terbang di udara menggunakan pesawat yang sudah Anda sewa. Namun, hal yang perlu diingat, penerbangan ini melintasi zona waktu internasional.

Sementara Los Angeles memiliki zona waktu 19 jam lebih lambat dari waktu di Sydney. Jadi, jika dihitung Anda  akan tiba di Los Angeles pada pukul 16.00 waktu setempat.

Ilustrasi Kembang ApiShutterstock Ilustrasi Kembang Api
Setibanya di LA, Anda masih bisa beristirahat dan menikmati suasana sebelum akhirnya bergabung dalam pesta perayaan pergantian tahun baru di pusat-pusat kota.

Untuk mendapatkan pengalaman berharga ini Anda perlu mengeluarkan uang sebesar £ 151.000 atau setara dengan Rp 2,78 miliar untuk sekali keberangkatan.

Dengan biaya sebesar itu, Anda mendapatkan pengalaman baru, menikmati dua kali pergantian tahun dalam waktu yang hampir bersamaan dengan melakukan perjalanan mundur lintas zona waktu internasional.

Selain itu, fasilitas yang akan Anda dapatkan selama di dalam pesawat juga tidak perlu diragukan. The Gulfman G650ER dilengkapi dengan beragam fasilitas mewah untuk menunjang kebutuhan Anda selama di perjalanan.

Ada kasur berukuran double bed dan kamar mandi mewah. Kemudian untuk urusan perut, di sana disediakan katering yang bisa Anda pesan sebelumnya. Ada pula sampanye dan anggur berkualitas tinggi.

Selain anggaran yang fantastis, Anda juga harus memastikan memiliki stamina yang ekstra. Bagaimana pun Anda akan melewatkan dua malam yang panjang di dua belahan dunia yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com