Kompas.com - 02/01/2019, 10:19 WIB
Ilustrasi berhenti merokok MarcBruxelleIlustrasi berhenti merokok

KOMPAS.com - Ada banyak bukti nyata tentang dampak buruk dari merokok.

Riset menyebutkan kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko stroke, mengembangkan penyakit jantung, dan kanker tertentu.

Layanan kesehatan masyarakat di Inggris (NHS) mengungkapkan, sekitar 85 persen kasus kanker paru-paru terkait dengan gaya hidup merokok.

Banyak orang menyadari bahaya tersebut, namun kesulitan menghentikan kebiasaan merokok. Tak heran bila niat ini menjadi salah satu resolusi pada tiap pergantian tahun. 

Namun, kenyataannya, kebanyakan orang menyerah dan melupakan resolusi yang dibuatnya hanya beberapa bulan atau bahkan beberapa hari setelah niat itu dicetuskan.

Nah, bagi kalian yang ingin hidup sehat dengan menghentikan kebiasaan merekok, praktisi kesehatan bernama Dr Elizabeth Kershaw-Yates memberikan lima tips agar resolusi berhenti merokok di tahun ini benar-benar terwujud.

1. Download aplikasi khusus untuk berhenti merokok

Melacak kemajuan kita melalui aplikasi dapat membantu kita termotivasi untuk berhenti merokok.

Dengan bantuan aplikasi khusus, kita juga dapat melacak berapa banyak uang yang telah kita hemat dan menunjukkan tingkat manfaat yang kita dapat dengan berhenti merokok bagi tubuh.

Baca juga: Bagaimana agar Resolusi Tahun Baru Terwujud?

2. Hindari minuman yang terkait dengan merokok

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X