Berapa Banyak Konsumsi Karbohidrat jika Ingin Berat Badan Turun?

Kompas.com - 02/01/2019, 10:43 WIB
Ilustrasi diettargovcom Ilustrasi diet

KOMPAS.com — Apa hal pertama yang kamu pikirkan ketika ingin menurunkan berat badan? Pastinya karbohidrat, bukan?

Sebut saja beberapa diet yang tengah tren—Whole30 atau diet keto—rata-rata fokus membatasi asupan karbohidrat, dan pilihan tersebut pun berhasil.

Jadi agak masuk akal jika ingin menurunkan berat badan, maka akan berpikir untuk menghilangkan karbohidrat dari menu makanan.

Namun, dilansir dari Men's Health, menurut pemilik 80 Twenty Nutrition Christy Brisette, ada juga orang yang dapat menurunkan berat badan tanpa memotong karbohidrat secara drastis.

Lantas, bagaimana karbohidrat bekerja?

Karbohidrat adalah nutrisi dan sumber energi penting bagi tubuh, menurut US National Library of Medicine. Sistem pencernaan seseorang mengubah karbohidrat menjadi glukosa, yang kemudian digunakan tubuh sebagai energi untuk sel, jaringan, dan organ.

Karbohidrat juga dibagi menjadi dua kategori berbeda: karbohidrat sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana termasuk susu, buah-buahan, dan sayuran; sedangkan karbohidrat kompleks termasuk serealia utuh, sayuran, dan kacang-kacangan.

Tubuh cenderung mencerna karbohidrat sederhana lebih cepat, sementara karbohidrat kompleks memberikan sumber energi yang lebih tahan lama.

Baca juga: Berapa Asupan Karbohidrat Bila Pria Ingin ?Langsing??

Jadi, berapa banyak karbohidrat yang harus dimakan setiap hari untuk menurunkan berat badan?

Pedoman diet merekomendasikan kamu mendapatkan antara 45 hingga 65 persen kalori harian dari karbohidrat, kata Brissette.

Jadi, jika, misalnya, kamu mengonsumsi 1.800 kalori per hari, maka setara dengan 203 hingga 293 gram karbohidrat per hari.

"Mengasup karbohidrat di bawah angka ini tidak dianjurkan bagi kebanyakan orang karena membuat semua vitamin dan mineral setiap hari jauh lebih banyak diasup," kata Brissette.

Halaman:


Sumber

Close Ads X