7 Cara Mengusir Rasa Malu Ketika Mengajak Orang Berkencan

Kompas.com - 03/01/2019, 08:08 WIB
Ilustrasi kencan RayesIlustrasi kencan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bertemu dengan lawan jenis yang menarik terkadang membuat kita malu-malu. Reaksi ini memang tidak salah. Namun, rasa malu yang dibiarkan terus menerus akan menjadi masalah jika hadir pada situasi romantis.

Tak jarang karena rasa malu yang berlebihan, seseorang memilih diam di rumah ketimbang bertemu orang baru.

Nah, bagi kamu yang sering terbelenggu rasa malu ketika hendak mengajak berkencan lawan jenis, kamu mungkin bisa mengikuti lima tips berikut, seperti dilansir dari situs Men's Health.

1. Mengubah sikap

Menurut Dr. Kristie Overstreet, seorang psikoterapis dan seksolog klinis, kamu harus mengubah pandangan keseluruhan tentang kencan.

Alih-alih mengalah atau berpikiran negatif, bersikaplah lebih positif. Misalnya, ketika kencan pertamamu berakhir buruk atau rekan kencanmu tidak merespons positif.

"Lalu kenapa? Apa masalahnya jika kencan ini tidak mengarah ke kecocokan?" kata Overstreet.

Tanamkan pada diri sendiri bahwa apapun yang terjadi pada kencan yang dijalani, terutama jika hasilnya buruk, hal itu bukanlah akhir dari dunia, dan kebahagiaanmu tidak terletak pada rekan kencanmu itu saja.

Ketika pandangan ini sudah menjadi kebiasaan, maka kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak ragu berkenalan dengan orang lain.

Ingatlah, kencan adalah tentang berlatih menjadi mahir. Ada kalanya kencan yang dijalani tidak berjalan mulus. Namun, itu bukan masalah bukan?

Baca juga: Demi Kencan Pertama yang Sukses, Perhatikan Tips Ini Baik-baik...

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X