Diet Mediterania Diprediksi Jadi Diet Terbaik 2019, Apa Alasannya?

Kompas.com - 03/01/2019, 10:10 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - U.S. News and World Report setiap tahunnya merilis jenis diet terbaik untuk setahun ke depan. Untuk 2019 ini, diet Mediterania berada di peringkat pertama.

Sejumlah ahli gizi dan spesialis diabetes, ahli jantung dan ahli penurunan berat badan yang tergabung dalam satu panel menganalisa 41 jenis diet yang beredar di masyarakat. Termasuk diet keto, Weight Watchers dan Atkins.

Diet Mediterania pun berada di peringkat pertama untuk beberapa kategori, termasuk kategori diet sehat bagi jantung terbaik dan kategori diet berbasis tanaman terbaik.

Apa alasan jenis diet ini kemudian keluar sebagai jawaranya? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari laman Insider.

1. Kaya buah dan sayur

Diet Mediterania kaya akan buah-buahan dan sayuran segar serta rendah daging merah dan gula.

Konsep diet ini datang dari negara-negara yang berbatasan dengan laut Mediterania, di mana orang-orang di sana sejarahnya mengkonsumsi makanan kaya akan lemak sehat dan kacang-kacangan.

Harvard School of Public Health dan sebuah lembaga pemikir Oldways kemudian menyusun program diet dari prinsip pola makan orang-orang di negara tersebut.

Tidak seperti diet ketat keto atau Atkins, diet Mediterania cenderung seimbang dan masih memperbolehkan pelakunya untuk mengkonsumsi makanan yang bervariasi namun tetap moderat.

Faktanya, diet ini sehat bagi kebanyakan orang termasuk anak-anak dan orang tua.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X