Tak Perlu Bingung Soal Diet, Ini 3 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 04/01/2019, 13:13 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Memiliki tubuh langsing biasanya menjadi resolusi dari jutaan orang di dunia ini. Namun, menurunkan berat badan tak semudah membalik telapak tangan.

Berbagai pola diet yang diklaim ampuh membuat tubuh langsing terkadang hanya membuat kita bingung.

Ada diet keto yang melibatkan pengurangan konsumsi karbohidrat dengan menambah konsumsi lemak, seperti diet mediterania.

Ada juga diet dengan menghentikan konsumsi produk susu. Lalu, ada pola diet yang merekomendasikan kita untuk memperbanyak konsumsi protein.

Dari semua jenis diet yang ada, jika kita pikirkan kembali, sebagian besar memiliki kesamaan.

Faktanya, hanya perlu tiga perubahan sederhana yang dilakukan pada kebiasaan makan jika kita ingin sukses menurunkan berat badan.

Riset yang dilakukan oleh ilmuwan dari Stanford University telah menemukan kesamaan pada diet rendah lemak dan diet rendah kabohidrat.

Riset yang mengamati 600 lebih orang dewasa dengan berat badan berlebih itu membuktikan, partisipan memiliki tingkat penurunan berat badan yang sama saat menerapkan kedua pola diet tersebut.

Periset juga menemukan tiga faktor serupa yang mendukung penurunan berat badan pada semua jenis diet itu. Berikut faktor yang mempengaruhi penurunan berat badan.

1. Konsumsi sayuran lebih banyak

Sayuran sering diabaikan dari kebanyakan pola diet. Padahal, banyak orang tak bisa mendapatkan tubuh ideal karena gagal mencapai asupan harian yang direkomendasikan.

Konsumsi sayuran memainkan peran besar dalam penurunan berat badan. Sayuran mengandung sedikit kalori namun kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Halaman:



Close Ads X