Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Alat Olahraga Wajib untuk Gym Sederhana di Rumah

Kompas.com - 07/01/2019, 05:05 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber SELF

KOMPAS.com - Banyak orang beralasan tak memiliki waktu untuk berolahraga di pusat kebugaran atau terkendala harga keanggotaan yang mahal.

Padahal, kita sebetulnya juga bisa membangun gym sederhana di rumah, bahkan dengan ruangan yang tak perlu terlalu besar serta peralatan yang tak mahal.

Lewat laman SELF, Trainer Bianca Vesco menjelaskan bahwa dirinya banyak melatih klien di apartemennya menggunakan peralatan yang ada di sana, dan latihan itu cukup bagi para kliennya.

"Banyak dari klienku yang tidak punya akses ke gym sehingga memilih berlatih di apartemennya sendiri dan hal itu tak masalah," kata Vesco.

Para kliennya banyak melakukan bodyweight training serta latihan dengan alat-alat kecil. Vesco mengatakan dirinya juga memkliki apartemen kecil namun bisa menyulapnya menjadi tempat latihan sederhana.

Jika kamu juga hanya memiliki ruang kecil di rumah namun ingin membangun gym sederhanamu sendiri, berikut alat-alat yang "wajib" kamu miliki:

1. Resistance band kecil

Resistance band adalah alat olahraga yang terbuat dari karet dan menjadi salah satu alat olahraga serbaguna yang bisa kita beli.

Menurut Vesco, dengan resistance band kita bisa melatih seluruh bagian tubuh sama seperti saat melakukan olahraga kekuatan menggunakan mesin.

Kamu bisa membeli paket resistance band yang terdiri dari beberapa level ketahanan. Jadi, kamu bisa memilih yang paling ringan atau berat tergantung dengan olahraga yang kamu lakukan.

Vesco, misalnya, menggunakan resistance band ringan untuk melatih otot lengan dan resistance band menengah atau berat untuk melatih bagian bawah tubuh.

2. Tali skipping

Ilustrasi lompat talidolgachov Ilustrasi lompat tali
Lompat tali adalah salah satu jenis olahraga terbaik untuk melatih kardiovaskular. Lompat tali bisa meningkatkan detak jantung serta melatih lengan, bahu, kaki, dan otot inti.

Tali ini juga sangat kecil sehingga tidak memenuhi ruangan serta bisa dibawa-bawa.

Jika kamu tak punya ruangan dengan langit-langit yang cukup tinggi, kamu bisa melakukannya di luar atau di taman yang ada dekat rumah.

Baca juga: Skipping, Olahraga Sederhana yang Efektif Bakar Kalori

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber SELF
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com