Kompas.com - 08/01/2019, 09:33 WIB
. Getty Images/iStockphoto.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat ditanya pesanan kopi pagi, kita mungkin hanya perlu memutuskan apakah suka kopi hitam, atau dengan tambahan susu dan pemanis.

Namun, dilansir dari Reader's Digest, kini ada tren kopi baru, di mana para penggemar diet keto mengklaim tambahan tersebut dapat membantu menurunkan berat badan.

Lalu, apa yang mereka taruh dalam kopi? Menurut Wall Street Journal (WSJ), para pelaku diet keto meminta kopi yang diisi dengan mentega dan minyak kelapa. 

Bagaimana bisa, mentega yang acap kali dikenal karena lemak jenuh yang menyumbat pembuluh nadi, membantu orang menurunkan berat badan?

Penganut diet keto rendah karbohidrat mengatakan, lemak dalam mentega dan minyak membantu mereka merasa kenyang. 

Tren ini berawal beberapa tahun lalu ketika pengusaha Silicon Valley, Dave Asprey, minum teh dengan mentega di Tibet, kemudian kembali ke Amerika Serikat dan meluncurkan perusahaan bernama Bulletproof.

Perusahaan ini kini memiliki sederet kopi, bar energi, dan suplemen yang dibangun berdasarkan konsep tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Orang-orang yang mengasup Bulletproof Coffee untuk sarapan tidak perlu khawatir (lapar) hingga setelah makan siang," kata Asprey kepada WSJ. 

Kendati demikian, pakar nutrisi klinis Universitas Boston, Joan Salge Blake meragukan hal tersebut. Menurutnya, sarapan semacam itu tidak sepenuhnya baik. 

"Apakah itu memiliki efek jangka panjang pada pengelolaan berat badan, masih harus dilihat."

Di sisi lain, ada beberapa pendukung di komunitas medis untuk minum mentega dan minyak dalam kopi.

Direktur Cleveland Clinic Center for Functional Medicine Mark Hyman mengatakan, kopi mengandung minyak trigliserida rantai menengah atau minyak MCT, yang dapat membantu orang merasa lebih kenyang (seperti lemak lainnya).

Menurut Hyman, tubuh mungkin memecah lemak-lemak ini lebih cepat, serta membuat mereka lebih kecil kemungkinannya untuk disimpan sebagai lemak pada tubuh. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.