Curiga Pasangan Selingkuh? Simak 12 Tanda Tersembunyi Ini

Kompas.com - 09/01/2019, 17:00 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Perselingkuhan tidak sesederhana yang kita duga. Selain jenisnya yang berbeda (ada selingkuh fisik dan selingkuh hati), beberapa tanda-tanda mencurigakan dari sang kekasih juga tak selalu tampak jelas.

Beberapa psikolog dan pakar perilaku menjelaskan adanya tanda-tanda tersembunyi yang bisa dicurigai dari perilaku kekasih.

Jika kamu juga menemukan tanda itu pada pasangan, kamu patut menanyakannya dari pada dihantui rasa curiga yang akhirnya bisa menghancurkan hubungan.

1. Berbohong setelah kebohongan lain

Apakah teman kantor pacarmu kaget ketika tahu kamu dan dirinya sudah menikah? Apakah kekasihmu pernah mengatakan ia pergi bersama teman-temannya ketika kamu tahu ia sebetulnya berbohong?

Penulis buku "Tell Me What You Want" Justin Lehmiller, Ph.D menjelaskan, tipu muslihat yang terulang adalah tanda kemungkinan pasanganmu berselingkuh.

"Ketidaksetiaan biasanya banyak melibatkan kebohongan dan tipu muslihat," kata dia.

2. Melewatkan waktu kencan atau tidak tertarik dengan seks

Tidak lagi tertarik dengan keintiman bersama kekasih adalah tanda lainnya.

Profesor psikologi Nicolle Zapien, Ph.D mengatakan, hal itu akan menimbulkan pertanyaan mengapa mereka melakukannya.

Jika ia memang berselingkuh, maka hal itu bisa jadi merupakan tanda bahwa kebutuhan emosional atau seksualnya sudah dipenuhi di tempat lai . Artinya, ia tidak lagi membutuhkannya darimu.

Baca juga: Mungkinkah Selingkuh Berdampak Positif bagi Pernikahan?

3. Penampilan lebih modis

Kepala departemen konseling, dewasa dan pendidikan tinggi di Northern Illinois University, Suzanne Degges-White, Ph.D. menjelaskan, seseorang akan tampil rapi dan mau mengubah penampilannya ketika akan bertemu seseorang yang pujiannya diharapkan.

Biasanya, bersama dengan orang yang sama selama bertahun-tahun akan membuat seseorang cenderung tidak terlalu memerhatikan penampilannya.

Jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka kamu patut curiga. Bisa jadi kekasihmu ingin membuat orang lain kagum.

4. Obsesi dengan ponselnya

Di awal masa pacaran atau sedang penjajakan, pasti kita akan intens saling bertukar pesan sehingga kita tak bisa jauh dari ponsel.

Namun, ketika kamu dan pasangan sudah menjalin hubungan cukup lama dan ia masih terobsesi dengan ponselnya, kamu perlu curiga.

"Berkirim pesan adalah preferensi bagi mereka yang berselingkuh untuk berkomunikasi," kata Degges-White.

Perilaku ini bisa menjadi sesuatu yang tak terlihat namun mengancam hubunganmu dengan kekasih, ketika ada seseorang yang bisa membangun obrolan pribadi dengan kekasihmu.

Baca juga: Suami Terbukti Selingkuh, Cerai atau Tidak?

5. Menutup cepat laptopnya

Kecuali jika ada hal-hal yang mengejutkan, menutup cepat layar laptop bukanlah hal lazim. Hal itu bisa berarti ada hal yang ditutupi dari kekasihmu.

Ia bisa saja menutupi video game yang kamu tidak suka atau bisa saja pesan dari orang spesialnya.

Halaman:



Close Ads X